stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PELATIHAN DAN SIMULASI DEBAT BRITISH PARLIAMENTARY BAGI MAHASISA ENGLISH STUDENT ASSOCIATION (ESA) STKIP PGRI JOMBANG | Lestari | JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAR (JP-MAS)

PELATIHAN DAN SIMULASI DEBAT BRITISH PARLIAMENTARY BAGI MAHASISA ENGLISH STUDENT ASSOCIATION (ESA) STKIP PGRI JOMBANG

Erma Rahayu Lestari, Banu Wicaksono

Abstract


Mahasiswa English Student Association (ESA) STKIP PGRI Jombang mengalami penurunan minat untuk berkompetisi dalam lomba debat dikarenakan kurangnya pemahaman pentingnya debat, kurang terampil dalam mengembangkan argumen, dan kurang memahami alur debat british parliamentary. Permasalahan tersebut didiselesaikan dengan beberapa cara yang berbeda dalam satu metode pelaksanaan. Metode pelaksanaan pengabdian ini adalah sebagai berikut: (1) persiapan tempat dan waktu pelaksanaan, (2) penyuluhan arti pentingnya debat dengan analisa studi kasus (3) pelatihan mind mapping untuk membangun argument (4) simulasi tata cara debat british parliamentary. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta pengabdian telah memahami arti pentingnya debat selain itu mereka telah dapat mengembangkan argument dari dari sudut pandang berbeda dengan logika yang runtut. Alur debat yang diperagakan dalam simulasi dapat dipahami dengan baik oleh peserta kecuali pada poin penyanggahan pendapat lawan. Peserta perlu mendapat pelatihan lebih lanjut untuk mempertahankan argumen.


Keywords


debat, british parliamentary, argumen

Full Text:

PDF

References


Agustina, L & Bahrani, (2016). The implementation of british parliamentary debating in mulawarman debate society. Indonesian Journal of EFL and Linguistics, 1(1).

Bettivia, R., & League, F. N. (2011). The middle schoolers’ debatabase 75 current controversies for debaters. International Debate Education Association.

Buzan, Tony. (2012). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka UtamaDarwis, & Lahwing. (2017). Metode dan Strategi Pembelajaran PKLH. Alaaudin University Press.

_ (2022). Pedoman Pelaksanaan National University Debating Championship. Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Kompleks Kemendikbud, Gedung C Lantai 19

Sari, Samosir, Hutagalung. (2018) Penggunaan Model Pembelajaran Student Tcreative Case Study (Sccs) Terhadap Motivasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Dengan Materi.

Wijaya, s. a. (2016). The use Of Teacing British Parliamentary Debate Style Through Android Application Debate Assitant, video, and Power Point Presentation to Improve Student Speaking Skill. Journal International, 9.




DOI: https://doi.org/10.32682/jp-mas.v4i2.2814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol