stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING (PEMASARAN DAN PACKAGING) KEPADA PELAKU UMKM DI DESA WATUGALUH | Arifian | JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAR (JP-MAS)

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING (PEMASARAN DAN PACKAGING) KEPADA PELAKU UMKM DI DESA WATUGALUH

Mohammad Hafidz Miftahul Arifian, Isti Chomah, Mahesi Riatul Mufeni, Suharyono Suharyono

Abstract


Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh UMKM di desa Watugaluh adalah masalah pemasaran dan keterampilan menggunakan teknologi. UMKM di Desa Watugaluh memerlukan pengembangan usaha berbasis teknologi agar dapat bersaing dengan usaha-usaha baru yang bersifat online. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah 1) Mengidentifikasi penggunaaan sossial media pemasaran pada UMKM di Desa Watugaluh Kecamatan Diwek, 2) Menggambarkan upaya pengembangan usaha berbasis teknologi pada UMKM Desa Watugaluh Kecamatan Diwek melalui Pelatihan Digital Marketing. Metode yang digunakan dalam identifikasi penggunaan media pemasaran adalah dengan observasi, wawancara, serta penilaian pre test dan post test. Metode yang digunakana dalam upaya pengembanagan usaha berbasis teknologi pada UMKM Desa Watugaluh melalui pelatihan digital marketing : 1) Menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan memberikn inspirasi dari keberhasilan bisnis online, 2) sharing session, 3) Pelatihan digital marketing (menggunakan Instagram). Hasil identifikasi menunjukkan bahwa mayoritas UMKM di Desa Watugaluh menggunkan teknologi sederhana dalam pemasaran, yaitu dengan media Facebook dan Whatsapp. Bahkan banyak UMKM yang menjalankan usahanya secara offline tanpa bantuan teknologi. Hasil evaluasi dari kegiatan pelatihan digital marketing menunjukkan bahwa kegiatan ini mendapatkan tanggapan yang positif, dinilai dapat memberikan wawasan dan ilmu, memberikan inspirasi

Keywords


Digital Marketing, Pelatihan Digital Marketing UMKM

Full Text:

PDF

References


Alford, P & Page, SJ (2015) Marketing technology for adoption by small business. The Service Industries Journal, 2015 Vol. 35, Nos. 11-12, 655-669

Bird, D. (2007). Commonsense Direct & Digital Marketing. London : Kogan Page.

Cant, M.C & Wiid, J.A (2016). The use of traditional marketing tools by SMEs in a emerging

Economy: a South Africa prespective. Problem adan Prespective in Mamnagement, Volume 14, Issue 1, 2016

Djamaludin., Aviasti., Rukmana., A.n & Rukmana, O. (2016) Peningkatn Kemampuan Usaha Kecil Menengah di Wilayah Bandung Raya dalam Pemanfaatan Internet Sebagai Sarana Pemasaran dan Perluasan Jangkauan Pasar. Ethos (Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat). Vol 4, No.1.

Gibson, C (2018). The Most Efective Digital Marketing Strategies & Approaches : A Review of Literature. International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 8, Issue 2.

Kurniawan, A & Asharudin, M (2018). Small and Medium Enterprises (SMEs) Face Digital Marketing Muhammadiyah International Journal of Economics and Business Volume 1. Number 2.

Mulyana, N (2016). Need Assesment Masyarakat Sekitar Kampus Jatinagor. Social Work Journal. Vol 6 Nomor 1.

Oktafiyani, F & Rustadi, D (2016). Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Profesi Humas, Volume 3, No. 1, 2018, hlm. 1-20

Permana, S.H (2017) sStrategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Aspirasi Vol. 8. No1, Juni 2017

Rowan, W. (2002) Digital Marketing : Using New Technologies to Get Closer to You Costumers. London : Kogan Page

Ryan, D & Jones C (2009) Understanding Digital Marketing : Marketing strategies for engaging teh digital generation. London. Kogan Page

Setiawati, I & Widyartati, P (2017) Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM. Seminar Nasional Call for Paper 2017 Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Publikasi Jurnal Ilmiah dalam Menyikapi Permenristekdikti RI No.20.

Taiminen, H.M & Karjaluoto, H (2014). Workshop Internet Dan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada Kelompok Pengusaha Muda Ponorogo. Jurnal pengabdian kepada masyarakat ADIMAS vol.1 no.1.

Yasmin, A., Tasneem, S & Fatema, K (2015). Effectivenes of Digital Marketing in the Challenging Age : An Empirical Study. International Journal mangement Science and Business Administration Volume 1, Issue 5, April 2015, Pages 69-80.




DOI: https://doi.org/10.32682/jp-mas.v5i1.2960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol