PERANCANGAN KEMASAN ANEKA CAMILAN KHAS MADURA (ACHMAD) BERWAWASAN BUDAYA MADURA

Dwi Ivayana Sari, Siska Pratiwi

Abstract


Ikon terkenal di Madura adalah Jembatan Suramadu. Dengan adanya Jembatan Suramadu, Madura memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, sehingga masyarakat mulai membuka usaha-usaha mandiri seperti kuliner berupa camilan khas Madura, seperti outlet AKH. Namun demikian, pengemasan camilan masih sederhana. Kebanyakan camilan dikemas menggunakan plastik biasa dan diberi sticker. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk merancang kemasan produk Aneka Camilan Khas Madura (Achmad) di outlet AKH yang menarik, memiliki identitas, dan mampu menjamin keamanan produk. Perancangan dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif, pendekatan berbasis praktik yaitu melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Data dianalisis menggunakan analisis SWOT. Konsep perancangan kemasan produk Aneka Camilan Khas Madura (Achmad) di outlet AKH menampilkan konsep budaya Madura, namun memiliki kesan modern. Kemasan menampilkan ikon Sakera atau Marlena lengkap dengan pakaian adat Madura. Selain itu, dilengkapi dengan kata-kata dalam Bahasa Madura yang bermaksud untuk melestarikan Bahasa Madura. Hal ini menunjukkan bahwa kemasan berfungsi sebagai media informasi, serta memberi kesan berbeda dengan kemasan kompetitor lainnya.

Keywords


perancangan, kemasan, camilan khas Madura

Full Text:

PDF

References


Andini, D. P., Anggraeni, O. J. (2016). Inovasi Kemasan Sebagai Daya Tarik Produk Aneka Camilan di Desa Curah Malang Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dana BOPTN Tahun 2016, ISBN: 978-602-14917-3-7

Devi, S. C., Muallimah, H. (2019). Perancangan Kemasan Sebagai Media Promosi Borondong Majalaya. Kreatif (Jurnal Karya Tulis, Rupa, Eksperimental dan Inovatif) 1(1), 36-43

Fatimah, A., Inda, K. (2021). Rancangan Kemasan Camilan Akar Kelapa pada UD. Angsa Dua dengan Menggunakan Metode Value Engineering. Industrial Engineering Journal 10(2)

Hendrata, M., Yuwono, E. C., Kurniawan, A. S. (2014). Perancangan Desain Kemasan Camilan “Soponyono” di Kota Malang. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra 1(1), 1-12

Hodairiyah, Fadhilah, N., Arifah, S., Azis, A. (2021). Pemertahanan Dan Pelestarian Bahasa Madura Melalui Nyanyian Samman Mainan Di Desa Aeng Tong-Tong Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep: Perspektif Sosiolinguistik. KODE: Jurnal Bahasa 11(2), 147-160

https://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Madura

https://id.wikipedia.org/wiki/Jembatan_Nasional_Suramadu

Nathania, D., Yuwono, E. C., Kurniawan, A. S (2013). Perancangan Desain Kemasan Camilan “Bipar Jangkar”. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra 1(1), 1-12

Robyanto, B., Akramiah, N., Pudyaningsih, R. (2018). Analisis Penetapan Harga, Promosi dan Kemasan terhadap Keputusan Pembelian Produk Camilan. Jurnal EMA–Ekonomi Manajemen Akuntansi 2(2), 94-103

Sari, D. I., Wanti, M., Masluha. (2022). Outlet AKH, Produk Khas Madura. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6(2), 401-409

Sholikatin, W. (2019). Perancangan Kemasan Produk Kripik Makroni Spiral Makeci. DESKOVI: Art and Design Journal 2(2), 73-80

Tandio, E., Adib, A., Wijayanti, A. (2013). Perancangan Logo dan Desain Kemasan untuk Dhisti Cookies Sebagai Camilan di Kota Solo. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra 1(1)




DOI: https://doi.org/10.32682/jp-mas.v5i1.2962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.