KETAHANAN OBAT TRADISIONAL DAN PENGUATAN DENGAN E COMMERCE BAGI UMKM TAHURA JERUK LAKARSANTRI SURABAYA

Masliyah Masliyah, Sofiah Nur Iradawaty, Dwi Mei Riya Ristanti

Abstract


Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan / mensosialisasikan ilmu dan pengetahuan tentang budidaya tanaman TOGA secara alami /ramah lingkungan serta mensosialisasikan ilmu dan pengetahuan tentang digital marketing (E Commerce ) bagi UMKM TAHURA Jeruk Lakarsantri Surabaya. Berdasarkan hasil qesioner awal saat bertatap muka langung dengan warga UMKM TAHURA Jeruk diperoleh data hampir 90 % warga sudah mengetahui tentang TOGA namun hampir 95 % warga UMKM di pekarangan rumahnya tidak ada TOGA.. Hasil wawancara secara mendalam dan observasi dengan beberapa UMKM diketahui belum terlalu paham dalam penggunaan ICT dalam melakukan usaha. Cara pemasaran yang dilakukan hanya menerima pesanan melalui  media sosial yaitu facebook dan whatsapp. Kendala yang dialami oleh beberapa UMKM tersebut adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan teknologi, tidak mempunyai rencana/strategi untuk mengembangkan bisnis secara online. Kegiatan Pengabdian Masyarakat pada warga UMKM TAHURA Jeruk pada tahap awal  dengan  mensosialisasikan Ilmu dan pengetahuan tentang Tanaman TOGA dengan penanaman secara alami/ ramah lingkungan  bagi UMKM TAHURA Jeruk Lakarsantri Surabaya. Selain itu memberikan atau mensosialisasikan Ilmu dan pengetahuan tentang digital marketing (E Commerce). Tahap selanjutnya adalah melakukan ABDIMAS berupa pemberian dan  pembudidayaan TOGA secara alami atau ramah lingkungan  dan Pelatihan digital marketing (E Commerce) bagi UMKM TAHURA Jeruk Lakarsantri Surabaya. Diikuti semua UMKM dan warga sekitar tempat pelaksanaan pelatihan. Kesimpulan Pengabdian masyarakat  ini adalah adanya peningkatan status kesehatan, pengetahuan tentang TOGA dan manfaatnya  dan keterampilan didalam penggunaan ICT, dengan digital marketing (E Commerce)

Keywords


TOGA, E Commerce, UMKM, TAHURA

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati Dan Ekosistemnya [Internet]. Available From: Www.Djpp.Depkumham.Go.Id

Pambudi DI, Rizqi D, Erlangga Y. 2018. Pemanfaatan Lahan Kosong Sebagai Tanaman Obat Keluarga Warga Prancak Dukuh Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Vol. 2.

Mindarti S. 2015. Besar Pengkajian Dan Pengembangan Teknologi Pertanian Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian B. Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Arham S, Khumaidi A, Pitopang R, Biologi J, Matematika F, Pengetahuan I, Et Al. 2016. Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Obat Tradisional Dan Pemanfaatannya Pada Suku Kulawi Di Desa Mataue Kawasan Taman Nasional Lore Lindu. Vol. 10, Jurnal Biocelebes.

Hikmat A, Zuhud EA, Sandra E, Kartika Sari R. 2011. Revitalisasi Konservasi Tumbuhan Obat Keluarga (Toga) Guna Meningkatkan Kesehatan Dan Ekonomi Keluarga Mandiri Di Desa Contoh Lingkar Kampus Ipb Darmaga Bogor (The Revitalization Of Family Medicine Plant (Toga) Conservation For Crease Health And Economic In Village Exemplary Ipb Campus Darmaga Bogor). Vol. 16, Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia.

Wardhana A. 2015. Strategi Digital Marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing Ukm Di Indonesia [Internet]. Available From: Https://Www.Researchgate.Net/Publication/327069950

Arham S, Khumaidi A, Pitopang R. 2016. Biologi J, Matematika F, Pengetahuan I, Et Al. Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Obat Tradisional Dan Pemanfaatannya Pada Suku Kulawi Di Desa Mataue Kawasan Taman Nasional Lore Lindu. Vol. 10, Jurnal Biocelebes.

Hikmat A, Zuhud EA, Sandra E, Kartika Sari R. 2015. Revitalisasi Konservasi Tumbuhan Obat Keluarga (Toga) Guna Meningkatkan Kesehatan Dan Ekonomi Keluarga Mandiri Di Desa Contoh Lingkar Kampus Ipb Darmaga Bogor (The Revitalization Of Family Medicine Plant (Toga) Conservation For Crease Health And Economic In Village Exemplary Ipb Campus Darmaga BOGOR). Vol. 16, Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia. Wardhana A. STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN IMPLIKASINYA PADA KEUNGGULAN BERSAING UKM DI INDONESIA [Internet]. Available From: Https://Www.Researchgate.Net/Publication/327069950




DOI: https://doi.org/10.32682/jp-mas.v5i2.3423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.