RAGAM UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI DI SDN MOJOWARNO IV JOMBANG

Abd. Rozak, Iftia Rahmania, Rifki Rahmadhani, Erda Risma Sari, Ely Alifah

Abstract


Kurikulum merdeka menekankan pada peningkatan kemampuan siswa pada dua bidang, yaitu bidang literasi dan numerasi. SDN Mojowarno IV merupakan salah satu sekolah sasaran program kampus mengajar, dengan demikian peningkatan kemampuan siswa dalam literasi dan numerasi menjadi prioritas utama. Kegiatan peningkatan kemampuan siswa dalam literasi dan numerasi dilaksanakan melalui tahap perencaan program berdasarkaan hasil observasi di lapangan, kegiatan pelaksanan program berupa optimalisasi perpustakaan, madding kata, jendela matematika, dan pembinaan AKM. dan evaluasi kegiatan.  Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan literasi dan numerasi meskipun belum signifikan. Dengan demikian diperlukan upaya yang konsisten dari semua pihak terkait kegitatan yang berkaitan dengan literasi dan numerasi di sekolah

Keywords


kurikulum merdeka, literasi, numerasi

Full Text:

PDF

References


Agustina, L., Arffianto, A., Khalishah, S. H., Indarwati, L., Putri, D. R., El-Majid, S. E., Rahayu, K. S., Nurleli, D. Y., Agung, W., & Sholihah, I. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 97–105. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10771

Chesa, N., & Binti Azizatun Nafi’ah. (2022). Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Kelas Sekolah Dasar Sebagai Sarana Evaluasi Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 67–86. https://doi.org/10.21009/jpd.v13i2.28482

Hasibuan, M. F., Asbi, A., Wastuti, S. N. Y., & Izar, S. L. (2023). Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Kelas IV SD Al-Washliyah Percut Medan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 9(1), 83. https://doi.org/10.31602/jbkr.v9i1.11168

Juniyanto, A., & Nur Mahmudah, F. (2022). Penguatan Literasi Numerasi Berbasis Program Pembiasaan di SD. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(2), 115–123. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v9i2.6480

Mustari, M. (2022). Manajemen Pendidikan Di Era Merdeka Belajar. UIN Sunan Gunung Djati.

Putri, L. M. M., Aini, I. N., & Sriwijayanti, R. P. (2023). Pengaruh Literasi dan Numerasi dalam Meningkatkan Hasil Asesmen Kompeteni Minimum Kelas 5 SDN Gadingkulon Probolinggo. Fashluna: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 172–181.

Rahmania, L. A. (2021). Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Persiapan Asesmen Nasional. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(4), 450–461. https://doi.org/10.17977/um064v1i42021p450-461

Ramandanu, F. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 10. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405

Rozak, A., & Fikrati, A. N. (2023). Efektivitas Instruksi Metakognitifterhadap Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 91–99. https://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm

Sunanda, A., Salma, I. A., Nugroho, Y. S., Aulia, K. M., Wilartono, R. Y., Farisa, D., Susilowati, E., Kusumaningrum, H., Puspitasari, N. H., & Imaduddin, Z. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi Siswa MI Muhammadiyah Jambangan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 63–68. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.11842

Yunita, A. R., Purnomo, H., & Makarim, N. A. (2023). Implementasi program merdeka belajar Asessmen Kompetensi Minimum ( AKM ) di sekolah dasar. 8, 1–8.




DOI: https://doi.org/10.32682/jp-mas.v5i2.3476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.