STRATEGI BERTAHAN DI MASA PANDEMI PADA UMKM DI DESA DAPURKEJAMBON KECAMATAN JOMBANG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan strategi bertahan apa yang diterapkan oleh para pelaku UMKM di desa Dapurkejambon agar dapat bertahan dari pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis induktif. penelitian ini menunjukkan hasil bahwa di balik penurunan pendapatan UMKM di Desa Dapurkejambon, terdapat berbagai strategi yang mereka lakukan untuk bertahan dari pandemi Covid-19, antara lain penggunaan trade E-Commerce, Digital Marketing, dan Customer Relationship Marketing. CRM). E-commerce dan Customer Relationship Marketing dilakukan secara maksimal oleh para pelaku UMKM di desa Dapurkejambon, namun digital marketing dengan memanfaatkan Instagram dan Facebook belum maksimal diterapkan dan hanya WhatsApp yang dimanfaatkan secara maksimal. Dan pada masa pasca pandemi, 90% pelaku UMKM di Desa Dapurkejambon mengalami peningkatan pendapatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aknolt Kristian Pakpahan, “Covid-19 dan Implikasi bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah”, Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, (2020)
Alfrian, Gregorius Rio, and Endang Pitaloka. 2020. “Strategi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Bertahan Pada Kondisi Pandemik Covid 19 Di Indonesia.” Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOVE) 6(2):139–46.
Alghozi, Muhammad Fitrah. 2021. “Covid-19 Menggunakan Metode Swot.” 21.
Caroline, Eilien. 2021. “Pengaruh Conteng Marketing Instagram Netflix Indonesia Terhadap Customer Engagement.”
Erna Listyaningsih, Apip Alansori, Kontribusi UMKM Terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Yogyakarta: Penerbit Andi, 2020), hal 1
Firdaus, R. 2021. “Strategi Bertahan Dan Promosi Umkm Dimasa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Pada Batik Melayu Pinang Sirih Kota Pangkalpinang).” JEM Jurnal Ekonomi Dan Manajemen STIE Pertiba Pangkalpinang 19(1):102–14.
Hardilawati, Wan laura. 2020. “Strategi Bertahan UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika 10(1):89–98. doi: 10.37859/jae.v10i1.1934.
Jony, Wong. 2010. Internet Marketing for Beginners.
Malau H. “Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global” (ALFABETA) Bandung, September 2018
Muksin, Herlina. 2021. “STRATEGI UMKM DALAM MENGHADAPI PASAR DI ERA PANDEMI COVID-19 (UMKM DALAM BIDANG KULINER DI SEPUTARAN GOMONG MATARAM).” 3(March):6.
Nurshabrina, Hanifah, Dinda Fitri Ayu Rahmawati, and Tukiman Tukiman. 2021. “Strategi Bertahan Umkm Paguyuban Sewelas Penjaringansari Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19.” Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara 8(2):280–90.
Pemerintah Indonesia. 2008. Undang-undang (UU) No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
Sa’adah Lailatus. 2021 “Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis”. LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
Wilantara, Rio. F., and Ruly Indrawan. 2016. Strategi Dan Kebijakan Pengembangan UMKM. Bandung.
DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v6i2.2580
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Lailatus Sa'adah, Moh Iqlil Al Faqih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia
Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:
![]() ![]() ![]() | ![]() | |||
![]() | ![]() | ![]() | ||
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/