PENGARUH VIRAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DI ERA DIGITAL (SEBUAH STUDI LITERATUR)

Muhammad Faissal Ghopar

Abstract


 

Abstrak

Salah satu kunci keberhasilan sebuah pemasaran pada media sosial adalah bagaimana produk tersebut dikenal oleh banyak orang secara cepat. Viral marketing merupakan sebuah cara untuk memasarkan secara cepat seperti virus yang menyebar dimasyarakat melalui media sosial Metodologi yang digunakan merupakan pendekatan melalui studi literatur. Penulis menggunakan sumber penelitian empiris yang mana dengan mengumpulkan data dan informasi mengenai pemasaran melalui media sosial serta pengaruh viral marketing dalam memaparkan sebuah produk sehingga mencapai hasil yang diinginkan. Ulasan yang diberikan dalam bentuk video yang disebar luaskan akan memikat perhatian konsumen akan produk tersebut hingga memutuskan untuk melakukan transaksi. Pemasaran viralmerupakan strategi yang pada akhirnya mengharapkan peningkatan penjualan secara signifikan dan menampilkan citra merek perusahaan di hadapan konsumen.

 

 

 


Keywords


Pemasaran, Viral Marketing, dan Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Arjunita, Ira, S.L.H.V.J. Lapian, and Rudie Y. Lumantow. 2021. “Pengaruh Viral Marketing, Store Atmosphere, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Tuya Manado.” Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam 9 (3): 437–46. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/viewFile/34756/32603.

Hariyanti, Novi Tri, and Alexander Wirapraja. 2018. “Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur).” Jurnal Eksekutif 15 (1): 133–46.

Kaloka, Anglesti Sari Kondang. 2016. “Pengaruh Viral Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Instagram @makananjember.” Manajemen Bisnis.

Kotler, Philip (Northwestern University), and Gary (University of North Carolina) Armstrong. 2012. Principles Of Marketing 14Ed: Global Edition. Principles of Marketing.

Kurniawan, Daniel, Willem J.F.A. Tumbuan, and Ferdy Roring. 2021. “Pengaruh Brand Image, Viral Marketing, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi E – Money Fintech Pada Mahasiswa Di Universitas Sam Ratulangi Saat Pandemi Covid – 19.” Jurnal EMBA 9 (3): 695–704.

Nggilu, Monica, Altje L Tumbel, and Woran Djemly. 2019. “Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Manado.” Jurnal EMBA 7 (3): 2691–2700.

Suripto, Teguh. 2019. “Kajian Literatur Efektifitas Pemasaran Produk Dengan Menggunakan Sistim Online Marketing Di Era Disruption.” JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia) 8 (2): 120. https://doi.org/10.21927/jesi.2018.8(2).120-128.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/23/ini-aktivitas-yang-banyak-dilakukan-orang-di-media-sosial

TikTok Shop Catat Rekor Penjualan saat Shopping 10.10 (bisnis.com)

https://grahanurdian.com/data-e-commerce-indonesia-2022/




DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v6i2.2796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Faissal Ghopar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/