REFORMULASI STRATEGI MENEMBUS PASAR INTERNASIONAL UMKM MANIK MANIK KACA DI KECAMATAN GUDO KABUPATEN JOMBANG

Mahfudiyanto Mahfudiyanto, Sudarmiatin Sudarmiatin, Agus Hermawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap perumusan strategi dalam menembus pasar internasional pada UMKM Manik manik kaca Gudo. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian adalah owner dan dinas terkait, Hasil penelitian menunjukkan bahwa stakeholders memiliki banyak kontribusi dalam meningkatkan produk UMKM Manik manik kaca yaitu seperti memperluas jaringan mitra asing, menjalin komunikasi bisnis di berbagai organisasi, hubungan baik dengan pemerintah, meningkatkan nilai tambah produk, penerapan prinsip syariah, penerapan strategi Blue Ocean, melakukan promosi ekspor, menangkap peluang pasar yang ada. dan meningkatkan target ekspor, mendukung peningkatan nilai tambah produk dan mengembangkan akses kerjasama dengan pihak asing, membantu promosi produk melalui CTH (cooperative trading house), sebagai media yang membantu ekspor dan membantu mencari lebih banyak pasar di negaranya. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa, strategi yang tepat untuk meningkatkan pasar ekspor manik manik kaca UMKM manik manik kaca Kecamatan Gudo adalah strategi SO (Strength – Opportunity), yaitu strategi dengan memanfaatkan kekuatan untuk meraih peluang sebanyak-banyaknya

Keywords


Manajemen Strategi, stakeholder, SWOT Analisis

Full Text:

PDF

References


Atmojo, C. T., & Amri, F. (2015). Pengaruh Faktor – Faktor Kepuasan Kerja Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Pada Ukm Manik-Manik Di Desa Gambang

Alonso, A. D., & O’Neill, M. A. (2011). Interest in maximisation and value‐added produce. British Food Journal, 113(5), 637–655. https://doi.org/10.1108/00070701111131746

Amir, M. S. (2007). Ekspor impor : teori & terapannya. Pustaka binaman pressindo.

Angulo-Ruiz, F., Pergelova, A., & Wei, W. X. (2019). How does home government influence the internationalization of emerging market firms? The mediating role of strategic intents to internationalize. International Journal of Emerging Markets, 14(1), 187–206. https://doi.org/10.1108/IJoEM-08-2017-0274

Bernardin, H. J. (2010). Human resource management (5th ed). McGraw Hill.

Bhawsar, P., & Chattopadhyay, U. (2015). Competitiveness: Review, Reflections and Directions. Http://Dx.Doi.Org/10.1177/0972150915581115, 16(4), 665–679. https://doi.org/10.1177/0972150915581115

Bogren, M., von Friedrichs, Y., Rennemo, Ø., & Widding, Ø. (2013). Networking women entrepreneurs: Fruitful for business growth? International Journal of Gender and Entrepreneurship, 5(1), 60–77. https://doi.org/10.1108/17566261311305210/FULL/XML

Coudounaris, D. N. (2018). Export promotion programmes for assisting SMEs. Review of International Business and Strategy, 28(1), 77–109. https://doi.org/10.1108/RIBS-06-2017-0050/FULL/XML

Do, M. T., Falch, M., & Williams, I. (2018). Universal service in Vietnam: the role of government. Digital Policy, Regulation and Governance, 20(2), 178–190. https://doi.org/10.1108/DPRG-05-2017-0028

Fitriati, R. (2015). Menguak Daya Saing UMKM Industri Kreatif: Sebuah Riset Tindakan Berbasis Soft Systems Methodology. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Gonzalez-Perez, M. A., & Gutierrez-Viana, S. (2012). Cooperation in coffee markets: The case of Vietnam and Colombia. Journal of Agribusiness in Developing and Emerging Economies, 2(1), 57–73. https://doi.org/10.1108/20440831211219237

Gupta, A., Patnaik, I., & Shah, A. (2019). Exporting and firm performance: evidence from India. Indian Growth and Development Review, 12(1), 83–104. https://doi.org/10.1108/IGDR-04-2018-0036/FULL/XML

Havenvid, M. I., & Rocca, A. La. (2017). New Business Development in Business Networks. No Business Is an Island, 87–103. https://doi.org/10.1108/978-1-78714-549-820171005

Hoque, N., Aktaruzzaman Khan, M., & Mowla, M. (2013). Organisational culture: features and framework from Islamic perspective. Humanomics, 29(3), 202–219. https://doi.org/10.1108/H-06-2013-0040

Jacknis, N. (2011). Government’s role in facilitating an innovative economy. International Journal of Innovation Science, 3(3), 107–115. https://doi.org/10.1260/1757-2223.3.3.107/FULL/XML

Leavy, B. (2018). Value innovation and how to successfully incubate “blue ocean” initiatives. Strategy and Leadership, 46(3), 10–20. https://doi.org/10.1108/SL-02-2018-0020/FULL/XML

Miles, M. ., Huberman, A. ., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition (3rd ed.). UI-Press.

Ricky w. Griffin, M. W. P. (2015). Bisnis Internasional, International Business (8th ed.). Salemba Empat.

Rudito, B., Budimanta, A., & Prasetijo., A. (2004). Corporate social responsibility : jawaban bagi model pembangunan Indonesia masa kini. 188. http://lib.ui.ac.id

Sakarya, S., Eckman, M., & Hyllegard, K. H. (2007). Market selection for international expansion. International Marketing Review, 24(2), 208–238. https://doi.org/10.1108/02651330710741820

Sharma, R. R., Sraha, G., & Crick, D. (2018). Export promotion programmes and the export performance of Ghanaian firms. International Marketing Review, 35(4), 661–682. https://doi.org/10.1108/IMR-10-2015-0219

Sugianto, G. (2013). STRATEGI BERSAING PADA PERUSAHAAN MANIK MANIK KACA. Agora, 1(3), 1141–1149. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/1079

Sukirno, S. (2014). Ekonomi pembangunan : Proses, Masalah, dan Dasar Kebijakan (2nd ed.). Kencana Prenadamedia Group.

Kasali, Rhenald. 2017, Manajemen Public Relations konsep dan aplikasinya di Indonesia. PT Pustaka Utama Graffiti. Jakarta

Statistik manik manik kaca Indonesia, indonesian coffe statistic 2017. “total ekspor manik manik kaca Indonesia ”. Badan Pusat Statistik ISBN: 978-602-438-187-5 No. Publikasi / Publication Number : 05130.1807 Katalog BPS / BPS Catalogue : 5504006.




DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v6i2.2831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mahfudiyanto Mahfudiyanto, Sudarmiatin Sudarmiatin, Agus Hermawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/