ANALISIS SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)PADA BUKU MATEMATIKA SISWA MATERIBANGUN RUANG SISI DATAR

Lica Perta Juliyas Muharni, Aisyah Nurul Rahmah, Sugianto .

Abstract


Higher  Order  Thinking  Skill  (HOTS)  merupakan  salah  satu  keterampilan penting yang harus dimiliki siswa. Berdasarkan hasil TIMSS dan PISA, HOTSsiswa masih berada  taraf  rendah.  Rendahnya  HOTS  dikarenakan  siswa  kurang  berpengalaman  dalam mengerjakan  soal-soal  berlevel  tinggi.  Soal-soal  dalam  buku  siswa  merupakan  salah  satu cara  melatih  siswa  dalam  menyelesaikan  soal  tipe  HOTS,  sehingga  buku  siswa  perlu memuat  soal-soal  HOTS.  Penelitian  bertujuan  untuk  menganalisis  setiap  butir  soal  tipe HOTS  pada  Buku  Siswa.Penelitian  ini  menggunakan  metode  deskriptif  analitis.  Objek penelitianadalah  soal-soal  pada  buku  matematika  siswa  kurikulum  2013  edisi  revisi terbitan  erlangga  materi  bangun  ruang  sisi  datar.  Hasil  penelitian  menunjukan  bahwa jumlah  soal  HOTS  pada  buku  siswa  sebanyak  29  soal  dari  124  soal  dengan  proporsi 23,38%.  Adapun  persentase  soal  untuk  tingkat  menganalisis  sebesar  22,58%, mengevaluasi  sebesar  0,8  %  dan  mencipta  sebesar  0%.  Berdasarkan  hasil  pendeskripsian soal,  maka  perlu  dikembangkan  lagi  soal-soal  berbasis  HOTS  yang  lebih  variatif khususnya tingkat mengevaluasi dan mencipta   Kata kunci: Analisis Soal, HOTS, Buku Siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i1.1010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/