ANALISIS SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)PADA BUKU MATEMATIKA SISWA MATERIBANGUN RUANG SISI DATAR
Abstract
Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki siswa. Berdasarkan hasil TIMSS dan PISA, HOTSsiswa masih berada taraf rendah. Rendahnya HOTS dikarenakan siswa kurang berpengalaman dalam mengerjakan soal-soal berlevel tinggi. Soal-soal dalam buku siswa merupakan salah satu cara melatih siswa dalam menyelesaikan soal tipe HOTS, sehingga buku siswa perlu memuat soal-soal HOTS. Penelitian bertujuan untuk menganalisis setiap butir soal tipe HOTS pada Buku Siswa.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis. Objek penelitianadalah soal-soal pada buku matematika siswa kurikulum 2013 edisi revisi terbitan erlangga materi bangun ruang sisi datar. Hasil penelitian menunjukan bahwa jumlah soal HOTS pada buku siswa sebanyak 29 soal dari 124 soal dengan proporsi 23,38%. Adapun persentase soal untuk tingkat menganalisis sebesar 22,58%, mengevaluasi sebesar 0,8 % dan mencipta sebesar 0%. Berdasarkan hasil pendeskripsian soal, maka perlu dikembangkan lagi soal-soal berbasis HOTS yang lebih variatif khususnya tingkat mengevaluasi dan mencipta Kata kunci: Analisis Soal, HOTS, Buku Siswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i1.1010
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/