PENERAPAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MATERI PECAHAN KELAS VI SDN WATES 6 KOTA MOJOKERTO

Ikatwaty Nur Hartiningrum

Abstract


Salah  satu  kajian  inti  dalam  pembelajaran  matematika  di  Sekolah  Dasar  (SD) adalah  pecahan.  Namun,  banyak  siswa  yang  masih  kesulitan  dalam  menyelesaikan permasalahan yang brekaitan dengan pecahan. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika yang disebabkan oleh guru masih menggunakan metode ceramah  dan pemberian tugas dalam  mengajarkan  materi pecahan. Sehingga peneliti menerapkan  model  pembelajaran  Realistik  Mathematic  Education  (RME)  agar  siswa  dapat membangun pengetahuannya sendiri dan  mampu  menyeselesaiakn permasalahan  matematika yang  berkaitan  dengan  kehidupan  sehari-hari.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan pemahaman  konsep  pecahan  matematika  siswa  kelas  VI  SDN  Wates  6  Kota  Mojokerto melalui  penerapan  pendekatan  RME.  Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah  penelitian tindakan  kelas  (PTK).  Berdasarkan  hasil  penelitian  didapatkan  adanya  peningkatan pemahaman konsep matematik dari pretest siswa sebesar 17,25% menjadi 56,41% pada siklus I.  Sedangakn  dari  siklus  I  sebesar  56,41%  mengalami  peningkatan  pada  siklus  II  sebesar 77,50%.  Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  disimpulakan  bahwa  penerapan  pendekatan Realistic  Mathematic  Education  dapat  meningkatkan  pemahaman  konsep  matematik  materi pecahan  siswa  kelas  VI  SD  Negeri  Wates  6 

Kata  Kunci:  model  pembelajaran  Realistic  Mathematic  Education  (RME),  pemahaman konsep matematika, pecahan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i1.1012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/