PENERAPAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MATERI PECAHAN KELAS VI SDN WATES 6 KOTA MOJOKERTO
Abstract
Salah satu kajian inti dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar (SD) adalah pecahan. Namun, banyak siswa yang masih kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan yang brekaitan dengan pecahan. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika yang disebabkan oleh guru masih menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas dalam mengajarkan materi pecahan. Sehingga peneliti menerapkan model pembelajaran Realistik Mathematic Education (RME) agar siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri dan mampu menyeselesaiakn permasalahan matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan matematika siswa kelas VI SDN Wates 6 Kota Mojokerto melalui penerapan pendekatan RME. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematik dari pretest siswa sebesar 17,25% menjadi 56,41% pada siklus I. Sedangakn dari siklus I sebesar 56,41% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 77,50%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulakan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education dapat meningkatkan pemahaman konsep matematik materi pecahan siswa kelas VI SD Negeri Wates 6
Kata Kunci: model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME), pemahaman konsep matematika, pecahan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i1.1012
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/