IDENTIFIKASI SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA BUKU MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL
Abstract
Kurikulum 2013 menekankan pentingnya siswa memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS), sehingga buku pada kurikulum 2013 harus memuat soal yang dapat melatih kemampuan HOTS. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan soal yang ada pada buku matematika kelas VII berdasarkan aspek kognitif agar mencapai kompetensi dasar dan kompetensi inti. Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah soal latihan pada buku matematika kelas VII semester I bab persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Teknik pengumpulan dan analisis dilakukan dengan mengidentifikasi soal berdasarkan aspek kognitif yaitu C1-C6. Hasil dari penelitian ini adalah persentase soal untuk masing-masing tingkat kognitif adalah C2 (31,70%), C3 (56,09%), C4 (12,19%), C5 (0,0%), dan C6 (0,0%). Soal yang ada dibuku harus diperbaiki agar dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, sehingga tercapainya kompetensi dasar dan kompetensi inti. Kata kunci: : Analisis Soal, Taksonomi Bloom, HOTS
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i1.1015
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/