IDENTIFIKASI SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA BUKU MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

Aisyah Nurul Rahmah, Lica Perta Juliyas Muharni

Abstract


Kurikulum  2013  menekankan  pentingnya  siswa  memiliki  keterampilan  berpikir tingkat tinggi (HOTS),  sehingga buku pada kurikulum 2013 harus memuat soal yang dapat melatih  kemampuan  HOTS.  Penelitian  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  soal  yang  ada pada  buku  matematika  kelas  VII  berdasarkan  aspek  kognitif  agar  mencapai  kompetensi dasar  dan  kompetensi  inti.  Penelitian  yang  digunakan  adalah  deskriptif  kualitatif.  Objek penelitian  adalah  soal  latihan  pada  buku  matematika  kelas  VII  semester  I  bab  persamaan dan  pertidaksamaan  linear  satu  variabel.  Teknik  pengumpulan  dan  analisis  dilakukan dengan  mengidentifikasi  soal  berdasarkan  aspek  kognitif  yaitu  C1-C6.  Hasil  dari penelitian  ini  adalah  persentase  soal  untuk  masing-masing  tingkat  kognitif  adalah  C2 (31,70%),  C3  (56,09%),  C4  (12,19%),  C5  (0,0%),  dan  C6  (0,0%).  Soal  yang  ada  dibuku harus  diperbaiki  agar  dapat  meningkatkan  kemampuan  berpikir  tingkat  tinggi  siswa, sehingga tercapainya kompetensi dasar dan kompetensi inti.  Kata kunci: : Analisis Soal, Taksonomi Bloom, HOTS

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i1.1015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/