PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JATIREJO TAHUN AJARAN 2018/2019

Dewi Sholichati Nur Jannah

Abstract


Abstrak:  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  ada  tidaknya  pengaruh  metode penemuan  terbimbing  (guided  discovery)  terhadap  hasil  belajar  matematika  siswa  kelas VIII  di  SMP  Negeri  1  Jatirejo  tahun  pelajaran  2018/2019.  Rancangan  penelitian  yang digunakan  adalah  penelitian  kuantitatif  dengan  uji  regresi  linear  sederhana  sebagai  uji hipotesisnya.Populasi  penelitian  ini  adalah  kelas  VIII  di  SMP  Negeri  1  Jatirejo  yang terbagi  menjadi  7  kelas.  Pengambilan  sampel  dilakukan  dengan  teknik  cluster  random sampling  dan  terpilih  kelas  VIII  G  sebagai  sampel.  Metode  pengumpulan  data  yang digunakan adalah metode tes dan angket, dengan instrumennya adalah soal tes dan lembar angket.Berdasarkan  analisis  data  menggunakan  uji  regresi  linear  sederhana  diperoleh bahwa nilai signifikan pada tabel output ANOVA sebesar 0,000, dengan mengambil taraf signifikan (𝛼 = 0,05) diperoleh 0,000 < 0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa Hn ditolak atau ada pengaruh metode penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap hasil belajar matematika  siswa  kelas  VIII  di  SMP  Negeri  1  Jatirejo  sebesar  63,5%.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i1.1017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/