PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JATIREJO TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Jatirejo tahun pelajaran 2018/2019. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan uji regresi linear sederhana sebagai uji hipotesisnya.Populasi penelitian ini adalah kelas VIII di SMP Negeri 1 Jatirejo yang terbagi menjadi 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan terpilih kelas VIII G sebagai sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan angket, dengan instrumennya adalah soal tes dan lembar angket.Berdasarkan analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana diperoleh bahwa nilai signifikan pada tabel output ANOVA sebesar 0,000, dengan mengambil taraf signifikan (𝛼 = 0,05) diperoleh 0,000 < 0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa Hn ditolak atau ada pengaruh metode penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Jatirejo sebesar 63,5%.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i1.1017
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/