MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan menggunakan pembelajaran koopertif tipe make a match di kelas IV SDN Kedunglosari I, Tembelang, Jombang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh menggunakan metode observasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dan lembar tes. Berdasarkan analisis data diperoleh pada siklus I dan siklus II terlihat peningkatan aktivitas belajar siswa dari 58,3% dengan kriteria cukup aktif menjadi 88,3% dengan kriteria sangat aktif sedangkan untuk rata-rata hasil belajar dari 69,9 menjadi 80,5 dan presentase ketuntasan belajar klasikal dari 58,3% menjadi 83,3%. Dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa tindakan penelitian berhasil karena aktivitas belajar siswa telah mencapai >75% dan presentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai ≥75%. Dengan demikian, maka melalui pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kedunglosari I, Tembelang, Jombang pada mata pelajaran matematika materi pecahan.. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Make a Match, aktvitas belajar siswa, hasil belajar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i1.1019
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/