MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH

Lutfiana Indra Andayani

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  (1)  meningkatkan  aktivitas  belajar  siswa,  dan  (2) meningkatkan  hasil  belajar  siswa  pada  mata  pelajaran  matematika  materi  pecahan menggunakan  pembelajaran  koopertif  tipe  make  a  match  di  kelas  IV  SDN  Kedunglosari  I, Tembelang,  Jombang  tahun  pelajaran  2018/2019.  Jenis  penelitian  ini  adalah  Penelitian Tindakan  Kelas  (PTK).  Pengumpulan  data  pada  penelitian  ini  diperoleh  menggunakan metode  observasi  dan  metode  tes.  Instrumen  yang  digunakan  adalah  lembar  observasi aktivitas  belajar  siswa  dan  lembar  tes.  Berdasarkan  analisis  data  diperoleh  pada  siklus  I  dan siklus  II  terlihat  peningkatan  aktivitas  belajar  siswa  dari  58,3%  dengan  kriteria  cukup  aktif menjadi 88,3% dengan  kriteria sangat aktif sedangkan untuk rata-rata hasil belajar dari 69,9 menjadi 80,5 dan presentase ketuntasan belajar klasikal dari 58,3% menjadi 83,3%. Dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa tindakan penelitian berhasil karena aktivitas belajar siswa telah mencapai >75% dan presentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai ≥75%.  Dengan  demikian,  maka  melalui  pembelajaran  kooperatif  tipe  make  a  match  dapat meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa  kelas  IV  SDN  Kedunglosari  I,  Tembelang, Jombang pada mata pelajaran matematika materi pecahan..  Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Make a Match, aktvitas belajar  siswa, hasil belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i1.1019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/