PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN MTs AL-IKHLAS JOGOROTO
Abstract
Beberapa permasalahan terjadi dalam proses pembelajaran materi bilangan, hal ini diketahui dari hasil wawancara peneliti degan guru mata pelajaran matematika, diantaranya terkait dengan aktivitas dan hasil belajar yang belum maksimal. Sebagai salah satu solusi dalam permasalahan tersebut adalah penggunaan strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu strategi pembelajaran untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan penerapan strategi pembelajaran metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Al-Ikhlas Jogoroto setelah diterapkanya strategi pembelajaran metakognitif. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dua siklus. Masing-masing siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Data aktivitas siswa diperoleh dengan cara observasi menggunakan lembar obsevasi aktivitas siswa, data aktivitas guru diperoleh dengan cara observasi menggunakan lembar obsevasi aktivitas guru, dan data hasil belajar diperoleh dengan soal tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran metakognitif dalam pembelajaran matematika pada peserta didik kelas VII MTs Al-Ikhlas Jogoroto dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas peserta didik, dan hasil belajar matematika. Aktivitas guru dari setiap siklus mengalami peningkatan yaitu pada siklus I tercapainya persentase 62,50% menjadi 87,50% pada siklus II. Aktivitas peserta didik pada siklus I mencapai 60,82% menjadi 78,31% pada siklus II. Hasil belajar pserta didik pada siklus I menunjukan rata-rata 74,60 dengan ketuntasan klasikal sebesar 72% sedangkan pada siklus II tercapai nilai rata-rata 79,36 dengan ketuntasan klasikal sebesar 80%.
Kata Kunci: Pembelajaran Metakognitif, Aktivias Guru, Aktivitas Peserta Didik, Hasil Belajar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i1.1020
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/