PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN MTs AL-IKHLAS JOGOROTO

Fatma Nur Fitria, Abd. Rozak

Abstract


Beberapa permasalahan terjadi  dalam proses pembelajaran materi bilangan, hal ini diketahui  dari  hasil  wawancara  peneliti  degan  guru  mata  pelajaran  matematika,  diantaranya terkait  dengan  aktivitas  dan  hasil  belajar  yang  belum  maksimal.  Sebagai  salah  satu  solusi dalam  permasalahan  tersebut  adalah  penggunaan  strategi  pembelajaran  yang  mampu meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa.  Salah  satu  strategi  pembelajaran  untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan penerapan strategi pembelajaran metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs  Al-Ikhlas  Jogoroto  setelah  diterapkanya  strategi  pembelajaran  metakognitif.  Jenis penelitian  menggunakan  penelitian  tindakan  kelas  (Classroom  Action  Research)  yang dilakukan  dua  siklus.  Masing-masing  siklus  dilakukan  dalam  dua  pertemuan.  Data  aktivitas siswa  diperoleh  dengan  cara  observasi  menggunakan  lembar  obsevasi  aktivitas  siswa,  data  aktivitas guru diperoleh dengan cara observasi  menggunakan lembar obsevasi aktivitas guru, dan data hasil belajar diperoleh dengan soal tes.  Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran metakognitif dalam pembelajaran matematika pada peserta didik kelas VII MTs Al-Ikhlas  Jogoroto  dapat  meningkatkan  aktivitas  guru,  aktivitas  peserta  didik,  dan  hasil belajar matematika. Aktivitas guru dari setiap siklus mengalami peningkatan yaitu pada siklus I tercapainya persentase 62,50% menjadi 87,50% pada siklus II. Aktivitas peserta didik pada siklus  I  mencapai  60,82%  menjadi  78,31%  pada  siklus  II.  Hasil  belajar  pserta  didik  pada siklus I menunjukan rata-rata 74,60 dengan ketuntasan klasikal sebesar 72% sedangkan pada siklus  II  tercapai  nilai  rata-rata  79,36  dengan  ketuntasan  klasikal  sebesar  80%.  

Kata  Kunci:  Pembelajaran  Metakognitif,  Aktivias  Guru,  Aktivitas  Peserta  Didik,  Hasil Belajar.  


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i1.1020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/