PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR KELAS VI SDN 1 TEGALSARI KAB. BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2018- 2019

Samsul Arifin

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa tidak bisa dilimpahkan semata-mata pada siswa itu sendiri, hal ini terjadi karena beberapa faktor, yaitu faktor  internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari dalam diri siswa berupa kesehatan, intelegensi, dan bakat, minat dan motivasi serta cara belajar dari siswa itu sendiri, sedangkan faktor eksternal datang dari luar diri siswa, yaitu dari lingkungan belajar yang dijalani oleh siswa sehari-hari termasuk dari cara guru menyampaikan materi dalam hal ini termasuk langkah-langkah dalam proses pembelajaran dan teknik yang digunakan. Salah satu cara yang digunakan dalam proses mengajar adalah mengadakan hubungan dengan siswa sehubungan dengan kegiatan mengajar guru. Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik  Siklus  belajar atau metode  drill pada pelajaran matematika. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 57,5 % pada Siklus l, dapat meningkat padasiklus 2 menjadi 70,5 % dan siklus 3 mencapai 85 %, dan  secara klasikal telah mencapai ketuntasan. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan teknik drill dapat meningkatkan hasil  belajar siswa kelas VI  dengan ketuntasan mencapai 100%, dengan demikian penerapan teknik Siklus Belajar  efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran matematika di SDN 1  Tegalsari  Kab. Banyuwangi.

Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Pelajaran Matematika di SD,Model Pembelajaran Siklus Belajar


Full Text:

PDF

References


Abbas, N. 2000. Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. (Problem Based Instruction) dalam Pembelajaran Matematika di SMU. [online] http://www.depdiknas.go.id/jurnal/51/040429%.pdf.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Indrawati & W. Setiawan. 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan untuk Guru SD. Jakarta: PPPPTK IPA.

Nasution. 1972. Didaktik Sekolah Pendidikan Guru: Asas-Asas Didaktik Metodologi Pengajaran dan Evaluasi. Jakarta: Depdikbud.

_______. 2001. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Soedjadi. 1991. Psikologi Kepibadian (Psikoanalisis, Behaviorisme, Humanistik). Bandung: PT Erseco.

Mustoinah dan Maarif, Safiil. 2019. "EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME (REALISTIS MATHEMATIC EDUCATION) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA". Jurnal Edumath STKIP PGRI Jombang




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i2.1061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/