PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE ARIAS ( ASSURANCE-RELEVANCE- INTEREST-ASSESMENT-AND SATISFACTION ) KELAS V SDN 6 Dasri KEC.TEGALSARI KAB. BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Abstract
Belajar merupakan suatu kegiatan kreatif. Belajar bukan berarti hanya menyerap tetapi juga merekonstruksi kembali apabila suatu saat dibutuhkan pengetahuan tersebut. Belajar Matematika akan maksimal jika siswa terlibat langsung secara aktif mengamati, membuat, mencari sebab akibat dan menyelesaikan masalah tersebut. bukan hanya strategi penyelesaian, tetapi juga proses terjadinya hal tersebut .yang membutuhkan strategi tersebut contohnya jarak tempuh.waktu tempuh, kecepatan, bahan bakar,harga bahan bakar.Pembelajaran melalui metode AR IAS ( Assurance, Relevance, Interest, Assesment And Satisfaction ) dapat melatih siswa untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan atau soal- soal yang berkaitan dengan materi yang dipelajari.menunjukan panjang kali lebar kali tinggi ketemua volume suatu benda , Pelajaran dengan metode ini siswa ikut aktif mengukur menghitung dengan metode ARIAS ( Assurance, Relevance, Interest, Assesment And Satisfaction ) siswa diminta menyelesaikan soal yang disediakan.secara kelompok maupun individu Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah untuk mengetahui berapa prosentasi peningkatan prestasi belajar Matematika melalui metode ARIAS ( Assurance, Relevance, Interest, Assesment And Satisfaction ) kelas V SDN 6 Dasri Tegalsari. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar dengan mencapai standar ideal. Dari 59,09 % pada Siklus l, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi 70 % dan siklus 3 mencapai 85%, dan secara klasikal telah tercapai ketuntasan. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa Pembelajaran melalaui metode ARIAS ( Assurance, Relevance, Interest, Assesment And Satisfaction ) dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika kelas V SDN 6 Dasri Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016- 2017 dengan ketuntasan mencapai100 %.
Kata Kunci: Prestasi Belajar Siswa, Metode ARIAS, PelajaranMatematika di SD
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
JP. Chaplin. 1992. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Pustaka Jaya.
Mudjiono, Dimyati. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Nasution. 1972. Psikologi Pengajaran Nasional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
_______. 2001. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Nurkancana, Wayan. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Poerwadarminta. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta
Mustoinah dan Maarif, Safiil. 2019. "EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME (REALISTIS MATHEMATIC EDUCATION) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA". Jurnal Edumath STKIP PGRI Jombang
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i2.1062
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/