PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE ARIAS ( ASSURANCE-RELEVANCE- INTEREST-ASSESMENT-AND SATISFACTION ) KELAS V SDN 6 Dasri KEC.TEGALSARI KAB. BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Sulasi S.Pd.

Abstract


Belajar  merupakan  suatu  kegiatan  kreatif.  Belajar  bukan  berarti  hanya  menyerap tetapi  juga  merekonstruksi  kembali  apabila  suatu  saat  dibutuhkan  pengetahuan  tersebut. Belajar  Matematika  akan  maksimal  jika  siswa  terlibat  langsung    secara  aktif  mengamati, membuat,  mencari  sebab  akibat  dan  menyelesaikan  masalah  tersebut.  bukan  hanya  strategi penyelesaian, tetapi juga  proses terjadinya  hal tersebut .yang membutuhkan strategi tersebut contohnya  jarak  tempuh.waktu  tempuh,  kecepatan,  bahan  bakar,harga  bahan bakar.Pembelajaran  melalui    metode  AR  IAS  (  Assurance,  Relevance,  Interest,  Assesment And  Satisfaction  )  dapat  melatih  siswa  untuk  mengajukan  pertanyaan-pertanyaan  atau  soal- soal  yang  berkaitan  dengan  materi  yang  dipelajari.menunjukan  panjang  kali  lebar  kali  tinggi  ketemua  volume  suatu  benda  ,  Pelajaran  dengan  metode  ini  siswa  ikut  aktif  mengukur menghitung    dengan  metode  ARIAS  (  Assurance,  Relevance,  Interest,  Assesment  And Satisfaction ) siswa  diminta menyelesaikan soal yang disediakan.secara  kelompok  maupun individu      Tujuan  diadakan  penelitian  tindakan  kelas  (  PTK  )  ini  adalah  untuk  mengetahui berapa    prosentasi  peningkatan  prestasi  belajar  Matematika  melalui  metode  ARIAS    ( Assurance,  Relevance,  Interest,  Assesment  And  Satisfaction  )  kelas  V  SDN    6    Dasri  Tegalsari.  Penelitian  tindakan  ini  dilakukan  dalam  3  siklus.  Dari  hasil  tindakan  yang dilakukan  terbukti  dapat  meningkatkan  prestasi  belajar  dengan  mencapai  standar  ideal.  Dari 59,09  %  pada Siklus  l,  dapat  meningkat  pada siklus  2  menjadi  70  %  dan  siklus  3  mencapai 85%, dan secara klasikal telah tercapai ketuntasan. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa    Pembelajaran  melalaui    metode  ARIAS  (  Assurance,  Relevance,  Interest,  Assesment And  Satisfaction  )  dapat  meningkatkan  prestasi  belajar   Matematika   kelas  V   SDN 6   Dasri  Tegalsari  Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016- 2017  dengan ketuntasan mencapai100 %.

Kata Kunci: Prestasi  Belajar Siswa, Metode ARIAS, PelajaranMatematika di SD


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

JP. Chaplin. 1992. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Pustaka Jaya.

Mudjiono, Dimyati. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Nasution. 1972. Psikologi Pengajaran Nasional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

_______. 2001. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Nurkancana, Wayan. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Poerwadarminta. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta

Mustoinah dan Maarif, Safiil. 2019. "EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME (REALISTIS MATHEMATIC EDUCATION) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA". Jurnal Edumath STKIP PGRI Jombang




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i2.1062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/