ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN GENDER
Abstract
Penalaran merupakan aspek penting dalam matematika. Penalaran merupakan salah satu standar proses dalam pembelajaran matematika. Kemampuan penalaran yang dimiliki setiap individu berbeda. penelitian ini menggunakan gender sebagai variabel tambahan. Ada ahli yang berpendapat bahwa seseorang bergender feminine lebih baik dalam bernalar daripada seseorang bergender maskuline dalam pembelajaran, namun ada ahli yang berpendapat sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa SMA dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan gender. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dua orang siswa SMA kelas X MIPA. Subjek penelitian adalah seorang siswa yang memiliki gender maskuline dan seorang siswa yang memiliki gender feminine. Metode pengumpulan data melalui metode angket, metode tes, dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar angket emosional dan intelektual siswa, lembar tes kemampuan penalaran matematika, dan pedoman wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1.) subjek yang memiliki gender feminine menuliskan unsur yang diketahui beserta notasi dan mampu mengungkapkan secara lisan. Subjek feminine menggunakan rumus deret aritmatika. Subjek feminine tidak menuliskan secara rinci solusi jawaban. Subjek memiliki kemampuan penalaran matematika, namun kurang baik karena memenuhi dua indikator yang ditentukan dari total empat indikator yang ditentukan. Subjek feminine menggunakan penalaran deduktif. 2.) subjek yang memiliki gender maskuline menuliskan secara lengkap unsur yang diketahui dalam soal. Subjek maskuline tidak menuliskan sesuatu yang ditanyakan secara lengkap. Subjek maskuline menjawab dengan benar menggunakan rumus barisan dan deret aritmatika. Kesimpulan yang dituliskan benar dengan argumen yang tepat. Subjek maskuline menggunakan penalaran deduktif dan penalaran induktif. Kata Kunci: Penalaran, Gender
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i2.1065
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/