ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN GENDER

Yusuf Priyo Abdillah

Abstract


Penalaran merupakan aspek penting dalam matematika. Penalaran merupakan salah satu  standar  proses  dalam  pembelajaran  matematika.  Kemampuan  penalaran  yang  dimiliki setiap  individu  berbeda.  penelitian  ini  menggunakan  gender  sebagai  variabel  tambahan.  Ada ahli  yang  berpendapat  bahwa  seseorang  bergender  feminine  lebih  baik  dalam  bernalar daripada  seseorang  bergender  maskuline  dalam  pembelajaran,  namun  ada  ahli  yang berpendapat  sebaliknya.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  kemampuan penalaran  siswa  SMA  dalam  menyelesaikan  soal  matematika  berdasarkan  gender.  Penelitian ini  berjenis  deskriptif  kualitatif.  Subjek  penelitian  ini  adalah  dua  orang  siswa  SMA  kelas  X MIPA. Subjek penelitian adalah seorang siswa yang memiliki  gender  maskuline dan seorang siswa  yang  memiliki  gender  feminine.  Metode  pengumpulan  data  melalui  metode  angket, metode  tes,  dan  wawancara.  Instrumen  dalam  penelitian  ini  adalah  lembar angket  emosional dan  intelektual  siswa,  lembar  tes  kemampuan  penalaran  matematika,  dan  pedoman wawancara.  Keabsahan  data  menggunakan  triangulasi  waktu.  Hasil  dari  penelitian  ini menunjukkan  bahwa:  1.)  subjek  yang  memiliki  gender  feminine  menuliskan  unsur  yang diketahui  beserta  notasi  dan  mampu  mengungkapkan  secara  lisan.  Subjek  feminine menggunakan  rumus  deret  aritmatika.  Subjek  feminine  tidak  menuliskan  secara  rinci  solusi jawaban.  Subjek  memiliki  kemampuan  penalaran  matematika,  namun  kurang  baik  karena memenuhi  dua  indikator  yang  ditentukan  dari  total  empat  indikator  yang  ditentukan.  Subjek feminine  menggunakan  penalaran  deduktif.  2.)  subjek  yang  memiliki  gender  maskuline menuliskan  secara  lengkap  unsur  yang  diketahui  dalam  soal.  Subjek  maskuline  tidak menuliskan  sesuatu  yang  ditanyakan  secara  lengkap.  Subjek  maskuline  menjawab  dengan benar  menggunakan  rumus  barisan  dan  deret  aritmatika.  Kesimpulan  yang  dituliskan  benar dengan  argumen  yang  tepat.  Subjek  maskuline  menggunakan  penalaran  deduktif  dan penalaran induktif.  Kata Kunci: Penalaran, Gender

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i2.1065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/