PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE ARIAS ( ASSURANCE-RELEVANCE- INTEREST-ASSESMENT-AND SATISFACTION ) KELAS V SDN 2 TEGALREJO KECAMATAN TEGALSARI KAB BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2017-2018
Abstract
Peran siswa sangat diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dalam hal ini siswa diharapkan mampu untuk mengatur atau mengelolah dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan Pembelajaran melalui metode ARIAS ( Assurance, Relevance, Interest, Assesment And Satisfaction ) dapat melatih siswa untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan atau soal-soal yang berkaitan dengan materi yang dipelajari.menunjukan panjang kali lebar kali tinggi ketemua volume suatu benda , Pelajaran dengan metode ini siswa ikut aktif mengukur menghitung dengan metodeARIAS ( Assurance, Relevance, Interest, Assesment And Satisfaction ) siswa diminta menyelesaikan soal yang disediakan.secara kelompok maupun individu. Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah untuk mengetahui berapa prosentase peningkatan prestasi belajar Matematika melalui metode AREAS ( Assurance, Relevance, Interest, Assesment And Satisfaction ) kelas V SDN 2 Tegalrejo Kecamatan Tegalsari. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar dengan mencapai standar ideal. Dari 59,09 % pada Siklus l, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi 68,63 % dan siklus 3 mencapai 81,36%, dan secara klasikal telah tercapai ketuntasan. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa Pembelajaran melalaui metode ARIAS ( Assurance, Relevance, Interest, Assesment And Satisfaction ) dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika kelas V SDN 2 Tegalrejo Kecamatan Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017-2018 dengan ketuntasan mencapai 100 %.
Kata Kunci : Prestasi Belajar Siswa, Metode ARIAS ( Assurance, Relevance, Interest, Assesment And Satisfaction ), Pelajaran Matematika di SD.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i2.1067
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/