ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN

Qurratul A’yuni AM, Siti Khabibah, Sari Saraswati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kesalahan siswa kelas VIII MTs Perguruan Mu’allimat dalam menyelesaikan soal-soal materi garis singgung lingkaran. Jenis kesalahan menurut Kastolan ada tiga, yaitu kesalahan konseptual, kesalahan prosedural dan kesalahan teknikal. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Subyek penelitian terdiri dari lima siswa yang melakukan kesalahan terbanyak dan kesalahannya bervariasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Teknik pengumpulan data berupa soal uraian materi garis singgung lingkaran dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa jenis kesalahan yang banyak  dilakukan oleh siswa pertama adalah jenis kesalahan teknikal 55, 17%, kemudian yang kedua jenis kesalahan konseptual 31, 04%, dan jenis kesalahan yang paling sedikit dilakukan oleh siswa adalah jenis kesalahan prosedural 27, 59%. Pada umumnya penyebab siswa melakukan kesalahan-kesalahan ini adalah kurangnya ketelitian siswa dalam membaca soal dan menghitung, serta kurangnya pemahaman siswa tentang konsep garis singgung lingkaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa urutan jenis kesalahan yang banyak dilakukan oleh siswa kelas VIII MTs Perguruan Mu’allimat jenis kesalahan teknikal, konseptual, dan terakhir prosedural

Full Text:

PDF

References


, Mohamad. 2013. Penelitian Kependidikan Prosedur & strategi. Bandung: Angkasa.

Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

As’ari, Abdur Rahman dkk. 2017. Matematika Kelas VIII. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kastolan, dkk. 1992. Identifikasi Jenis-Jenis Kesalahan Menyelesaikan Soal-Soal Matematika yang Dilakukan Peserta Didik Kelas II Program A1 SMA Negeri se-Kotamadya Malang. Malang : IKIP Malang.

Malik, Noor Qomaruddin. 2011. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Kudus Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Segiempat dengan Panduan Kriteria Polya. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Moleong, L. J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Rohani, Siti. 2010. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP MTA Gemolong Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Setyaningtyas, Y., & Eka, K. S. 2009. Suka Buku Bilingual Matematika SMP VII, VIII, IX. Jakarta : PT. Suka Buku.

BNSP. 2006. Jakarta

Widyantari, Fajar P. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 1 Salatiga. Jurnal. Universitas Kristen Satya Wacana.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v8i1.1121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/