PENERAPAN MEDIA SOFTWARE AUTOGRAPH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Rizki Irfianti, Safiil Maarif

Abstract


Perkembangan teknologi telah memberikan pengaruh positif dalam pendidikan, yaitu adanya perubahan pola belajar dan pembelajaran ke arah yang lebih luwes atau fleksibel. Hal ini karena beragam media pembelajaran yang berbasis teknologi banyak diciptakan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa dapat maksimal. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika diperoleh bahwa aktivitas siswa dalam proses pembelajaran masih rendah, yakni sebatas memperhatikan slide powerpoint tanpa memahami sepenuhnya isi dari materi yang disampaikan sehingga materi yang diterima kurang maksimal. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Berdasarkan data hasil ulangan harian materi transformasi geometri kelas XI IIS 1 di MAN 1 Jombang dengan KKM 75 diketahui bahwa persentase hasil belajar siswa secara klasikal masih sebesar 42,857%. Alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan digunakannya media software Autograph. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa melalui penerapan media software Autograph. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menerapkan model Kemmis dan M.C Taggart yang terdiri dari 4 kegiatan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 1 di MAN 1 Jombang dengan jumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar tes hasil belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan tes yang berupa soal essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus 1 sebesar 72,50% menjadi 92,50% pada siklus 2. Persentase rata-rata aktivitas siswa dalam proses pembelajaran pada siklus 1 sebesar 71,25% meningkat menjadi 86,70% pada siklus 2. Persentase hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 65,71% dengan rata-rata sebesar 69,43 pada siklus 1 dan meningkat menjadi 85,71% dengan rata-rata sebesar 85,83 pada siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran software Autograph dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar matematika siswa kelas XI IIS 1 di MAN 1 Jombang pada materi trasformasi geometri

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S.B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Karnasih, I., & Rahman, A. (2014). Integrasi Software Dinamis Autograph Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Jurnal AdMathEdu. (online), 4 (2): 143-160, (http://digilib.unimed.ac.id), diunduh 19 Desember 2017.

Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosdakarya.

Risdianto, H., Karnasih, I & Siregar, H. (2013). The Diffrence of Enhancement Mathematical Problem Solving and Self-Efficiency SMA with MA Students IPS Program Through Guided Inquiry Learning Model Assisted Autograph Software in Langsa. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, (online), 6, (1): 89-108, (http://digilib.unimed.ac.id), diunduh 19 Desember 2017.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Wasriono., Syahputra, E., & Surya, E. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbantuan Autograph Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMK Melalui Model Penemuan Terbimbing. (online), 8(3): 52-61, (http://jurnal.unimed.ac.id), diakses pada 19 Desember 2017.

Faridloh, Failatul dan Safiil Maarif. 2018. EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang

Maarif, Safiil. 2017. Aplikasi Pewarnaan Titik pada Graph dalam Pembuatan Jadwal Pelajaran. Malang: Unikama

Masruroh, Safiil Maarif. 2017. Efektifitas Lattice Method Dalam Pembelajaran Matematika. Jombang: STKIP PGRI Jombang

Mustoinah, Safiil Maarif. 2018. EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME (REALISTIS MATHEMATIC EDUCATION) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang:STKIP PGRI Jombang




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v7i2.1262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/