PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 MOJOWARNO

Ika Budi Lestari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Learning Cycle terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Mojowarno. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain two-group post-test-only design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-F yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-G yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Learning Cycle, sedangkan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Learning Cycle. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dengan instrumen penelitian berupa soal tes hasil belajar dalam bentuk uraian. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji-t (t-test). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung > ttabel  yaitu 2,372 > 2,002 dengan  taraf signifikan  = 0,05 dan dk= 58, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat dikatakan ada perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran Learning Cycle.. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Learning Cycle terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Mojowarno.

Kata kunci: : Model Pembelajaran Learning Cycle, Hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta..

Eliyawati, Diska Ellen. 2015. Penerapan Strategi Belajar Elaborasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa MTs. Bahrul Ulum Genukwatu Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi tidak diterbitkan. Jombang: STKIP PGRI Jombang.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rozak, Abd. dan Wiwin Sri Hidayati. 2014. Pengolahan Data Statistika dengan SPSS. Jombang: Untuk Kalangan Sendiri.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Faridloh, Failatul dan Safiil Maarif. 2018. EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang

Maarif, Safiil. 2017. Aplikasi Pewarnaan Titik pada Graph dalam Pembuatan Jadwal Pelajaran. Malang: Unikama

Masruroh, Safiil Maarif. 2017. Efektifitas Lattice Method Dalam Pembelajaran Matematika. Jombang: STKIP PGRI Jombang

Mustoinah, Safiil Maarif. 2018. EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME (REALISTIS MATHEMATIC EDUCATION) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang:STKIP PGRI Jombang

Rochaini, Een dan Safiil Maarif. 2019. ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA SEKUENSIAL ABSTRAK DAN ACAK ABSTRAK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang

Irfianti, Rizki. 2019. PENERAPAN MEDIA SOFTWARE AUTOGRAPH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v8i2.1305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/