stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
ANALISIS KECEMASAN MATEMATIKA SISWA DALAM TAHAPAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN GENDER | Munfarida | Edumath

ANALISIS KECEMASAN MATEMATIKA SISWA DALAM TAHAPAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN GENDER

Hilda Yuni Munfarida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecemasan matematika yang dialami oleh siswa dalam mengerjakan soal matematika. Dalam penelitian ini, proses mengerjakan soal matematika dilihat dari sebelum mengerjakan soal, sedang mengerjakan, dan setelah mengerjakan soal. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah empat orang siswa kelas XI MIPA MAN 2 Jombang yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 2 siswi perempuan.  Instrumen utama adalah peneliti, sedangkan instrumen pendukung yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket, lembar tes, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek laki-laki mengalami kecemasan matematika pada seluruh tahapan mengerjakan soal, yakni pada komponen afektif dan kognitif. Sedangkan pada subjek perempuan, kecemasan matematika dialami subjek penelitian dalam tahapan menyelesaikan soal matematika, yakni pada komponen afektif, kognitif, dan fisiologis.

 

Kata kunci: Kecemasan Matematika, Tahapan Menyelesaikan Soal, Gender.

Full Text:

PDF

References


Adintya, R. 2016. Faktor-Faktor Penyebab Kecemasan Matematika. Artikel Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Agustina, I. W. 2010. Profil Pengajuan Soal Matematika Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Perbandingan Ditinjau Dari Perbedaan Kemampuan Matematika Dan Perbedaan Jenis Kelamin. Surabaya. Jurnal Matematika FMIPA Universitas Negeri Surabaya.

Fedi, S., Sariyasa, dan Suparta, I. N. 2014. Tingkat Kecemasan dan Apresiasi Matematika Ditinjau dari Gender pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Sekecamatan Poco Ranaka Barat, Kabupaten Manggarai Timur Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Penelitian Pascasarjana UNDIKSHA Vol. 3 No.1.

Ghufron, M. N. dan Risnawita, R. 2010. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Handayani, S. D. 2016. Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Formatif Universitas Indraprasta PGRI. ISSN: 2088-351X.

Koeswara, E. 1991. Teori-Teori Kepribadian. Bandung: Eresco.

Nafi’an, M. I. 2011. Kemampuan Siswa dalam Menyelesaian Soal Cerita Ditinjau dari Gender Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Yogyakarta. ISBN: 978-979-16353-6-3.

Puspitawati, H. 2013. Konsep, Teori, dan Analisisi Gender. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Satriyani. 2016. Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) dan Gender Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta: tidak diterbitkan.

Soemanto, W. 2012. Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanti, D. W. dan Rohmah, F. A. 2011. Efektivitas Musik Klasik dalam Menurunkan Kecemasan Matematika (Math Anxiety) Pada Siswa Kelas XI. Jurnal Humanitas Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Vol. VIII. No. 2.

Titikusumawati, E. 2014. Modul Pembelajaran Matematika. Salatiga.

Toit, S. D. dan Kotze, G. 2009. Metacognitive Strategies in the Teaching and Learning of Mathematics. Jurnal Phytagoras, 70. Hal 57-67.

Faridloh, Failatul dan Safiil Maarif. 2018. EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang

Maarif, Safiil. 2017. Aplikasi Pewarnaan Titik pada Graph dalam Pembuatan Jadwal Pelajaran. Malang: Unikama

Masruroh, Safiil Maarif. 2017. Efektifitas Lattice Method Dalam Pembelajaran Matematika. Jombang: STKIP PGRI Jombang

Mustoinah, Safiil Maarif. 2018. EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME (REALISTIS MATHEMATIC EDUCATION) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang:STKIP PGRI Jombang

Rochaini, Een dan Safiil Maarif. 2019. ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA SEKUENSIAL ABSTRAK DAN ACAK ABSTRAK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang

Irfianti, Rizki. 2019. PENERAPAN MEDIA SOFTWARE AUTOGRAPH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v8i2.1306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol