PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 JOMBANG

Rauufiyah Nur Jannah, Ama Noor Fikrati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran visual auditory kinesthetik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Jombang tahun pelajaran 2018/2019 pada materi pola barisan bilangan dan barisan aritmatika. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan dilanjutkan dengan uji-t, kemudian dilanjutkan dengan menarik kesimpulan sesuai dengan data yang sudah diperoleh. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran visual auditory kinesthetik jauh lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung, yaitu 89,84 untuk kelas eksperimen dan 63,95 untuk kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan ada  pengaruh model pembelajaran visual auditory kinesthetik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Jombang tahun pelajaran 2018/2019 pada materi pola barisan bilangan dan barisan aritmatika.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetik, Hasil Belajar Matematika.

Full Text:

PDF

References


Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka

Faridloh, Failatul dan Safiil Maarif. 2018. EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang

Maarif, Safiil. 2017. Aplikasi Pewarnaan Titik pada Graph dalam Pembuatan Jadwal Pelajaran. Malang: Unikama

Masruroh, Safiil Maarif. 2017. Efektifitas Lattice Method Dalam Pembelajaran Matematika. Jombang: STKIP PGRI Jombang

Mustoinah, Safiil Maarif. 2018. EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME (REALISTIS MATHEMATIC EDUCATION) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang:STKIP PGRI Jombang

Rochaini, Een dan Safiil Maarif. 2019. ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA SEKUENSIAL ABSTRAK DAN ACAK ABSTRAK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang

Irfianti, Rizki. 2019. PENERAPAN MEDIA SOFTWARE AUTOGRAPH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v8i2.1309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/