PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI KELAS IX B MTs MAMBA’UL MA’ARIF DENANYAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas IX B yang disebabkan kesulitan dalam memahami konsep jaring-jaring serta penentuan luas dan volume bangun ruang sisi lengkung. Peserta didik hanya belajar bangun ruang dalam bentuk gambar, tidak pernah ada penugasan proyek bangun 3 dimensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model Project Based Learning pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX B MTs. Mamba’ul Ma’arif Denanyar Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX B MTs. Mamba’ul Ma’arif Denanyar Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dancatatanlapangan. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes, lembar observasi, dan lembar catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan aktivitas hasil belajar peserta didik kelas IX B pada kompetensi dasar menghitung luas dan volume bangun ruang sisi lengkung. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada setiap siklusnya, pada siklus I rata-rata persentase aktivitas peserta didik sebesar 67%. Persentase meningkat pada siklus II yaitu sebesar 87%. Pada hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan setiap siklusnya, pada siklus I rata-rata persentase hasil belajar sebesar 63%. Persentase tersebut meningkat pada siklus II yaitu sebesar 83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas IX B MTs. Mamba’ul Ma’arif Denanyar Tahun Pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Project Based Learning, Aktivitas Peserta Didik, Hasil Belajar.Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ekawarna. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada
Fathurrohman. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Purwanto, Ngalim. (2010). Prinsip-prinsipdanTeknikEvaluasiPengajaran. Bandung: PT RemajaRosdakarya Offset.
Sudjana. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Faridloh, Failatul dan Safiil Maarif. 2018. EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang
Maarif, Safiil. 2017. Aplikasi Pewarnaan Titik pada Graph dalam Pembuatan Jadwal Pelajaran. Malang: Unikama
Masruroh, Safiil Maarif. 2017. Efektifitas Lattice Method Dalam Pembelajaran Matematika. Jombang: STKIP PGRI Jombang
Mustoinah, Safiil Maarif. 2018. EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME (REALISTIS MATHEMATIC EDUCATION) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang:STKIP PGRI Jombang
Rochaini, Een dan Safiil Maarif. 2019. ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA SEKUENSIAL ABSTRAK DAN ACAK ABSTRAK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang
Irfianti, Rizki. 2019. PENERAPAN MEDIA SOFTWARE AUTOGRAPH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v8i2.1311
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/