PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI KELAS IX B MTs MAMBA’UL MA’ARIF DENANYAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Eka Putri Asiyanti, Fatchiyah Rahman

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas IX B yang disebabkan kesulitan dalam memahami konsep jaring-jaring serta penentuan luas dan volume bangun ruang sisi lengkung. Peserta didik hanya belajar bangun ruang dalam bentuk gambar, tidak pernah ada penugasan proyek bangun 3 dimensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas dan  hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model Project Based Learning pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX B MTs. Mamba’ul Ma’arif Denanyar Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX B MTs. Mamba’ul Ma’arif Denanyar Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dancatatanlapangan. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes, lembar observasi, dan lembar catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan aktivitas hasil belajar peserta didik kelas IX B pada kompetensi dasar menghitung luas dan volume bangun ruang sisi lengkung. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada setiap siklusnya, pada siklus I rata-rata persentase aktivitas peserta didik sebesar 67%. Persentase meningkat pada siklus II yaitu sebesar 87%. Pada hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan setiap siklusnya, pada siklus I rata-rata persentase hasil belajar sebesar 63%. Persentase tersebut meningkat pada siklus II yaitu sebesar 83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model  Project Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas IX B MTs. Mamba’ul Ma’arif Denanyar Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kata Kunci: Project Based Learning, Aktivitas Peserta Didik, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekawarna. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada

Fathurrohman. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Purwanto, Ngalim. (2010). Prinsip-prinsipdanTeknikEvaluasiPengajaran. Bandung: PT RemajaRosdakarya Offset.

Sudjana. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Faridloh, Failatul dan Safiil Maarif. 2018. EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang

Maarif, Safiil. 2017. Aplikasi Pewarnaan Titik pada Graph dalam Pembuatan Jadwal Pelajaran. Malang: Unikama

Masruroh, Safiil Maarif. 2017. Efektifitas Lattice Method Dalam Pembelajaran Matematika. Jombang: STKIP PGRI Jombang

Mustoinah, Safiil Maarif. 2018. EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME (REALISTIS MATHEMATIC EDUCATION) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang:STKIP PGRI Jombang

Rochaini, Een dan Safiil Maarif. 2019. ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA SEKUENSIAL ABSTRAK DAN ACAK ABSTRAK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang

Irfianti, Rizki. 2019. PENERAPAN MEDIA SOFTWARE AUTOGRAPH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jombang: STKIP PGRI Jombang




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v8i2.1311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/