ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA

Heni Mustikasari

Abstract


Kesalahan adalah kekeliruan, kekhilafan, sesuatu yang salah atau  merupakan sesuatu yang tidak sesuai dengan prosedur atau aturan yang ada  yang mempunyai sifat sistematis, konsisten dan insidental. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan empat jenis kesalahan yaitu kesalahan fakta, konsep, prosedur, dan teknik yang dilakukan siswa sesuai dengan kemampuan matematika yang dimiliki siswa yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Kandangan. Pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan metode tes dan wawancara dengan instrumen utama adalah peneliti dan instrumen pendukung berupa lembar tes dan pedoman wawancara. Pengecekan kembali instrumen adalah dengan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian, dan pnearikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa subjek dengan kemampuan matematika tinggi melakukan kesalahan fakta dan prosedur. Subjek berkemampuan sedang dan rendah melakukan kesalahan fakta, konsep, prosedur, dan teknik.

 

Kata Kunci: Kesalahan, Trigonometri, Kemampuan Matematika

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal.(2009).Evaluasi Pembelajaran.Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Cahyani, Murti.(2018).Matematika untuk SMK/MAK Kelas X Semester 2.Surakarta:Putra Nugraha.

Departemen Pendidikan Nasional.(2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta:Depdiknas.(https://kelembagaan.ristekdikti.go.id), diunduh 25 Maret 2019

Dimyati dan Mudjiono.(2013).Belajar dan Pembelajaran.Jakarta:Rineka Cipta.

Fujiawati, Fuja Siti.(2016).Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni.Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni.1(1),17.(https://jurnal.untirta.ac.id),diunduh 16 Desember 2019

Hudojo, Herman.(2005).Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika.Malang:Penerbit Universitas Negeri Malang.

Kamus Besar Bahasa Indonesia.(Online). (https://kbbi.web.id/matematis),

diunduh 25 Maret 2019.

Moleong, Lexy J.(2009).Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi.Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Rahayu, Tri.(2017).Peningkatan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Menggunakan Metode Struktur Analisis Sintesis (SAS) untuk Kelas I SDN Jatimulyo 1 Malang.Malang:Universitas Muhammadiyah.(https://eprints.umm.ac.id), diunduh 16 Desember 2019

Rindyana, Bunga Suci Bintari dan Tjang Daniel Chandra.(2012).Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Analisis Newman.Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang.1(2),6. (https://journal-online.um.ac.id), diunduh 16 Desember 2019

Sagala, Syaiful.(2011).Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar.Bandung:Alfabeta.

Sahriah, Sitti dkk.(2013).Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang.Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang.1(1),1-8. (https://eprints.um.ac.id), diunduh 16 Desember 2019

Setiawan, Oki.(2015).Analisis Kesalahan Kelas VI SDN Mojokrapak 03 dalam Memecahkan Masalah Materi Luas dan Keliling Bangun Datar.Jombang:STKIP PGRI.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v9i1.1433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/