PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XA SMAIT ALFITYAH PEKANBARU

Benny Ali Dasril, . Zulkarnain, . Zuhri

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas XA di SMAIT Al – Fityah Pekanbaru. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 21 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar matematika. Lembar pengamatan dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan tes hasil belajar matematika dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Dari analisis kualitatif terlihat bahwa terjadi perbaikan proses pembelajaran dari sebelum tindakan ke siklus I dan ke siklus II. Siswa terlihat berpartisipasi aktif dan semakin mandiri dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan. Hasil penelitian ini menunjukkan jumlah siswa yang mencapai KKM pengetahuan bertambah dari skor dasar (57,14%) ke UH-I (71,42%) hingga ke UH-II (80,95%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika adalah Siswa kelas XA di SMAIT Al – Fityah Pekanbaru pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 pada materi rasio trigonometri

Kata Kunci    : Pembelajaran Berbasis Masalah, Penelitian Tindakan Kelas Rasio  Trigonometri


Full Text:

PDF

References


Depdikbud. 2014. Permendikbud No. 103/2014: Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Kemendikbud. Jakarta.

Depdikbud. 2016. Permendikbud No. 22/2016: Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah . Kemendikbud. Jakarta..

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

M. Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia. Bogor.

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v9i1.1436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/