PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK PLUS KHOIRIYAH HASYIM TEBUIRENG JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Plus Khoiriyah Hasyim Tebuireng Jombang tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif (bekerjasama dengan guru matematika kelas X SMK Plus Khoiriyah Hasyim Tebuireng). Peneliti melakukan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas X SMK Plus Khoiriyah Hasyim Tebuireng Jombang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 69,84% dengan kriteria cukup menjadi 81,88% pada siklus II dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan rata-rata 70,28 dengan ketuntasan kasikal sebesar 43,59%, sedangkan pada siklus II tercapai nilai rata-rata 81,46 dengan ketuntasan klasikal 82,05%. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Plus Khoriyah Hasyim Tebuireng Jombang tahun pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar SiswaFull Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka
Cipta.
Ekawarna. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Gaung Persada (GP Press). Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-
Ruzz Media.
Sudjana, Nana. 2010. Peneltian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algensindo. Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi
Pustaka
Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v9i1.1437
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/