PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK PLUS KHOIRIYAH HASYIM TEBUIRENG JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Norma Dhikria Andriani, . Siyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Plus Khoiriyah Hasyim Tebuireng Jombang tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif (bekerjasama dengan guru matematika kelas X SMK Plus Khoiriyah Hasyim Tebuireng). Peneliti melakukan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas X SMK Plus Khoiriyah Hasyim Tebuireng Jombang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 69,84% dengan kriteria cukup  menjadi 81,88% pada siklus II dengan  kriteria baik. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan rata-rata 70,28 dengan ketuntasan kasikal sebesar 43,59%, sedangkan pada siklus II tercapai nilai   rata-rata   81,46   dengan   ketuntasan   klasikal   82,05%.   Disimpulkan   bahwa   penerapan   model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Plus Khoriyah Hasyim Tebuireng Jombang tahun pelajaran 2016/2017.

Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka

Cipta.

Ekawarna. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Gaung Persada (GP Press). Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-

Ruzz Media.

Sudjana, Nana. 2010. Peneltian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algensindo. Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi

Pustaka

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v9i1.1437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/