PENERAPAN SOFTWARE GEOMETER’S SKETCHPAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A DI MTs NURUL IMAN DEMPOK

Khusnul Afifah, Safiil Maarif

Abstract


Berdasarkan data hasil ulangan diperoleh informasi bahwa masih terdapat 50% siswa kelas VIII A di MTs Nurul Iman Dempok secara klasikal yang nilainya belum mencapai KKM. Sehingga perlu adanya perubahan dalam metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan software Geometer’s Sketchpad. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A di MTs Nurul Iman Dempok dengan jumlah 19 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan lembar tes hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi dan tes berupa soal essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata aktivitas siswa dalam proses pembelajaran pada siklus I sebesar 57,89% meningkat menjadi 81,57% pada siklus II. Persentase hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 63,15% dengan rata-rata sebesar 73,42 pada siklus I dan meningkat menjadi 84,21% dengan rata-rata sebesar 80,26 pada siklus II. Disimpulkan bahwa media pembelajaran software Geometer’s Sketchpad dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII A di MTs Nurul Iman Dempok pada materi lingkaran

 Kata kunci: : Penerapan, Software Geometer’s Sketchpad, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Djamarah, S.B. & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Istikomah, E. & Mohamad, N.S. (2013). Kesan Penggunaan Perisian Geometer’s Sketchpad ke Atas Kefahaman Konsep Matematik Pelajar. Jurnal Pendidikan Matematik, (Online), 1 (2), 1-13, (https://scholar.google.com), diakses 13 November 2018.

Purwanto, N. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosdakarya.

Reynolds, BE. & Fenton, WE. (2011). College Geometry Using the Geometer’s Sketchpad. America: United States of America.

Syamsuduha, D. (2011). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Program Geometer’s Sketchpad Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP. Yogyakarta: Universitas Yogyakarta. Dari Google Scholar, (Online), (https://scholar.google.com), diunduh 10 November 2018.

Wena, M. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Irfianti, Rizki dan Safiil Maarif. 2019. Penerapan Media Software Autograph Dalam Pembelajaran Matematika. Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika Vol.7 no.2. STKIP PGRI Jombang




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v9i2.1484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/