PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs AL-ANWAR TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Al-Anwar tahun ajaran 2018/2019 pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif berjenis Quasi Experimental dengan desain yang digunakan Nonequivalent Control Group Design. Dengan populasi siswa kelas VII MTs Al-Anwar, dimana sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A (kelas eksperimen), VII B (kelas kontrol). Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan dilanjutkan dengan uji-t, kemudian dilanjutkan dengan menarik kesimpulan sesuai dengan data yang sudah diperoleh. Analisis data menggunakan rumus uji-t dengan bantuan SPSS menunjukkan sig. (2-tailed) sebesar , maka ditolak sehingga ada perbedaan hasil belajar matematika siswa antara kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran langsung, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen jauh lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol, yaitu 81,583 untuk kelas eksperimen dan 72,875 untuk kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Al-Anwar tahun ajaran 2018/2019 pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk aljabar
Kata kunci: : Model Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar MatematikaFull Text:
PDFReferences
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, Nana Dan Ibrahim. 2009. Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Suwardi dkk.(2014). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini, (Online), 2(4) :297-305 (www.jurnal.uai.ac.id) diunduh 24 Desember 2017
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v9i2.1485
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/