PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS

Heny Juliatiningsih, Esty Saraswati Nur Hartiningrum

Abstract


Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah aktivitas siswa yang  cenderung pasif dan tidak mau bertanya kepada guru, sehingga hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Peneliti memilih pembelajaran kooperatif tipe pair checks pada penelitian ini sebagai salah satu pembelajaran aktif dengan siswa berpasangan untuk menyelesaikan soal serta mengecek hasil pekerjaan pasangan lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri Plandaan tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 34 siswa.Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan lembar tes hasil belajar siswa.Pada penelitian ini aktivitas siswa dan hasil belajar dikatakan meningkat apabila telah mencapai kategori baik atau sangat baik secara klasikal dengan Kriteria Ketuntasan Minimum dalam pembelajaran matematika sebesar 70. Berdasarkan penelitian selama dua siklus diperoleh nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 72,045% dengan kriteria cukup baik meningkat menjadi 85,05% dengan kategori baik pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata sebesar 70,17 dengan ketuntasan klasikal sebesar 52,94%, sedangkan nilai rata-rata pada siklus II yaitu sebesar 90,11 dengan ketuntasan klasikal sebesar 94,11%, sehingga dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 19,94 dengan peningkatan ketuntasan sebesar 41,17%. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe pair checks dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri Plandaan dengan materi pokok sifat-sifat logaritma.

Kata kunci: : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks, Aktivitas, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Hartiningrum,E.S.N dan Ula, N.S. 2019 . Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa . Journal AL-Khwarizmi Vol7 no 2 http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khwarizmi/article/view/707

Mudjiono dan Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Purwanto, N. 2006. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Sani, R. 2015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Suciyanto. 2016. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Faktorisasi Suku Aljabar.Jombang.Indonesia : STKIP PGRI Jombang.

Sudjana, N. 2011. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v9i2.1489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/