PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK TARBIYATUNNASYIIN

Riska Muffida Anggraini, Safiil Maarif

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peningkatan aktivitas guru, (2) peningkatan aktivitas siswa, (3) dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi transformasi geometri dengan menerapkan strategi pembelajaran Reciprocal Learning di kelas XI SMK Tarbuyatunnasyiin tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Tarbiyatunnasyiin. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar tes, lembar observasi guru, dan lembar observasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Reciprocal Learning dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas XI SMK Tarbiyatunnasyiin dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Aktivitas guru dari setiap siklus mengalami peningkatan yaitu pada siklus 1 ketercapaian persentase 67,5% menjadi 90% pada siklus 2 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus 1 mencapai 66,27% menjadi 81,63% pada siklus 2 dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa pada siklus 1 menunjukkan rata-rata 72,8 dengan ketuntasan klasikal 60%, sedangkan pada siklus 2 tercapai nilai rata-rata 83 dengan ketuntasan klasikal 80%

Kata kunci: : Strategi Pembelajaran Reciprocal Learning, Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta:Rineka Cipta.

Budianingsih, Asri. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Ekawarna.2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Gaung Persada Press.

Gintings, Abdorrakhman. 2008. Belajar dan Pembelajaran. bandung:Humaniora.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang:Pustaka Pengajar

Kunandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung:Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Yuliadri. 2017. Strategi Pembelajaran Reciprocal Learing dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas X di SMA Pasundan 7 Bandung.

Wahyudi, Rakhman. 2013. Implementasi Model Reciprocal Learning dalam Pembelajaran Perawatan dan Perbaikan Sistem Pemindah Tenaga Otomitif Untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas XI SMK Diponegoro. Universitas Negeri Yogyakarta.

Afifah, Khusnul dan Safiil Maarif. 2020. Penerapan Software Geometer’s Sketchpad Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII A Di Mts Nurul Iman Dempok. Jombang : STKIP PGRI Jombang

Irfianti, Rizki dan Safiil Maarif. 2019. Penerapan Media Software Autograph Dalam Pembelajaran Matematika. Jombang: STKIP PGRI Jombang




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v10i1.1720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/