PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua, lingkungan teman sebaya dan minat belajar baik secara parsial maupun bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Ngoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 167 orang siswa dari kelas VII SMP Negeri 1 Ngoro. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket dan pedoman dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan kesimpulan: (1) Ada pengaruh signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika; (2) Ada pengaruh signifikan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar matematika; (3) Ada pengaruh signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika; (4) Ada pengaruh signifikan perhatian orang tua, lingkungan teman sebaya dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika. Koefisien determinasi sebesar yang menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh perhatian orangtua, lingkungan teman sebaya dan minat belajar sebesar , sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian.
Kata kunci: perhatian orangtua, lingkungan teman sebaya, minat belajar, prestasi belajar matematika
Full Text:
PDFReferences
A’la, Rofiqul. (2016). Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), 2(11):249-268, (http://neliti.com) diunduh 25 Oktober 2019
Nahak, Mariana Editha. (2018). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Skripsi tidak diterbitkan. Kupang, Indonesia: Universitas Katolik Widya Mandira
Santrock, John W. (2011). Educational Psychology. New York: McGraw-Hill. Dari psychologymania, (Online), (http://psychologymania.com), diunduh 12 November 2019
Saraswati, A.D. & Purnami, A.S. (2017). Pengaruh Fasilitas Belajar, Perhatian Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Pleret Bantul. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), 6:154-161, (http://jurnal.ustjogja.ac.id) diunduh 25 Oktober 2019
Simbolon, Naeklan. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), 14-19, (http://jurnal.unimed.ac.id) diunduh 27 Oktober 2019
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Syah, Muhibbin. (2007). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v10i1.1722
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/