PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Maulinda Agustina, Oemi Noer Qomariyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua, lingkungan teman sebaya dan minat belajar baik secara parsial maupun bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Ngoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 167 orang siswa dari kelas VII SMP Negeri 1 Ngoro. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket dan pedoman dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan kesimpulan: (1) Ada pengaruh signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika; (2) Ada pengaruh signifikan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar matematika; (3) Ada pengaruh signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika; (4) Ada pengaruh signifikan perhatian orang tua, lingkungan teman sebaya dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika. Koefisien determinasi  sebesar  yang menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh perhatian orangtua, lingkungan teman sebaya dan minat belajar sebesar , sisanya  dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian.

Kata kunci: perhatian orangtua, lingkungan teman sebaya, minat belajar, prestasi belajar matematika

 


Full Text:

PDF

References


A’la, Rofiqul. (2016). Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), 2(11):249-268, (http://neliti.com) diunduh 25 Oktober 2019

Nahak, Mariana Editha. (2018). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Skripsi tidak diterbitkan. Kupang, Indonesia: Universitas Katolik Widya Mandira

Santrock, John W. (2011). Educational Psychology. New York: McGraw-Hill. Dari psychologymania, (Online), (http://psychologymania.com), diunduh 12 November 2019

Saraswati, A.D. & Purnami, A.S. (2017). Pengaruh Fasilitas Belajar, Perhatian Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Pleret Bantul. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), 6:154-161, (http://jurnal.ustjogja.ac.id) diunduh 25 Oktober 2019

Simbolon, Naeklan. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), 14-19, (http://jurnal.unimed.ac.id) diunduh 27 Oktober 2019

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Syah, Muhibbin. (2007). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v10i1.1722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/