MODEL PEMBELAJARAN ELPSA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI 1 PAKONG

. Mufarohah, Hasan Basri, Agus Subaidi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep materi matematika yang disebabkan oleh cara belajar siswa yang hanya hafalan, kurang termotivasi memahami konsep dan guru yang kurang berhasil dalam menyampaikan konsep materi pelajaran. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran ELPSA (Experience, Language, Picture, Symbol, and Application) pada materi trigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Pakong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan sampel adalah peserta didik kelas X IPA 3 yang terdiri dari 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes hasil belajar. Kesimpulan dari penelitian ini aktifitas siswa dalam proses pembelajaran trigonometri dengan model pembelajaran ELPSA termasuk kategori baik (NA=3,28), respon siswa termasuk kategori sangat baik (Ri = 81,63%) dan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan secara klasikal (KBK = 90,48%). Dengan demikian, model ELPSA dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika untuk membantu siswa memahami konsep dengan baik

Kata kunci: : ELPSA, trigonometri dan pemahaman konsep


Full Text:

PDF

References


Arifin. 2015. “Lesson Plan Berbasis Kerangka Kerja ELPSA untuk Membangun Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat pada Siswa”. Jurnal Kependidikan, 14 (1): 11-21.

Lowrie, T. dan Patahudin, S. M. 2015. “ELPSA - Kerangka Kerja untuk Merancang Pembelajaran Matematika”. Jurnal Didaktik Matematika, 2(1): 94-108

(http://download.portalgaruda.org/article.php?article=333173&val=5828&title=ELPSA) 16 Nopember 2016.

Mustakim. 2016. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Segiempat Melalui Model Pembelajaran ELPSA dengan Permainan KSD bagi Siswa Kelas VII A SMPN 2 Patean Kendal Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016”. Jurnal Pendidikan, 17(1): 22-44

Soedjadi, 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Dapertemen Pendidikan Nasional.

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Wijaya, Adi. 2014. Pengenalan Desain Pembelajaran ELPSA (Experience, Language, Pictures, Symbol, Application).

http://p4tkmatematika.org/2014/08/pengenalan-desain-pembelajaran-elpsa. 16 Nopember 2016




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v10i2.1759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/