PERSEPSI SISWA KELAS XI SMAN 7 WAJO TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH (ONLINE/VIRTUAL) PADA MASA PANDEMI COVID-19

Ainun Dwi Cahyani, . Gusniawati, . Buhaerah

Abstract


Adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia sudah lebih dari enam bulan terakhir ini berdampak terhadap perubahan aktifitas belajar-mengajar. Dunia pendidikan mendapatkan tantangan di masa pandemi dengan menjalankan proses belajar mengajar secara virtual/ online. Siswa yang merupakan salah satu elemen terpenting dijadikan sebagai responden untuk mengetahui bagaimana persepsi mereka terhadap dimensi dalam proses belajar mengajar secara virtual/online siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Wajo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan menyebar kuesioner melalui google form kepada sampel yaitu kelas XI IPA 2 dan XI IPA 5. Data responden ditampilkan dalam bentuk diagram lingkaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara umum siswa memiliki persepsi positif terhadap pembelajaran virtual/online. Hal ini disimpulkan berdasar pada penelitian dimana siswa dapat menyesuaikan diri dengan semua hal terkait dengan pembelajaran online. Walaupun siswa cenderung lebih menyukai pembelajaran di  dalam kelas dibandingkan pembelajaran secara online.

Kata kunci: : Persepsi siswa, Pembelajaran virtual/online


Full Text:

PDF

References


Adijaya, N., & Santosa, L. P. (2018). Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online. Wanastra Jurnal, 10(2), 105–110. https://doi.org/2579-3438

Bonk, S. ., Magjuka, C. ., Liu, R. ., & Lee, S. (2005). The Importance of Interaction in Web Based Education: A Program Level Case Study of Online MBA Courses. Journal of Interactive Online Learning, 4(1), 1–19.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Mayesti, L., Wijayanti, Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns:Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Fortune, M. ., Spielman, M., & Pangelinan, D. . (2011). Student;s Perception of Online or Face to face Learning and Social Media in Hospitality, Recreation and Tourism. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 7(1), 1–16.

Wikipedia. 2020. Pandemi Covid-19. : https://translate.google.com/translate?u=https://en.wikipedia.org/wiki/COVID-19_pandemic&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp&prev=search (diakses tanggal 15 November 2020)

Syatiri, Ana Shofiana. 2020. Pendidikan Daring Di Masa Covid-19. https://www.kompas.com/edu/read/2020/08/12/112834471/pendidikan-daring-di-masa-covid-19?page=all (diakses pada tanggal 15 November 2020)

Topata, Jensen. 2020. Pengertian Pendidikan. https://www.mypurohith.com/pengertian-pendidikan/. (diakses pada tanggal 16 November 2020)

Nasution , Erni Juliana Al Hasanah. 2020. Pandemi dan Perjuangan untuk Pendidikan. https://news.detik.com/kolom/d-5162643/pandemi-dan-perjuangan-untuk-pendidikan. (diakses pada tanggal 16 November 2020)

Yudhoyono, Agus Harimurti. 2020. Pendidikan Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19. https://mediaindonesia.com/read/detail/311137-pendidikan-indonesia-di-tengah-pandemi-covid-19 (diakses pada tanggal 16 November 2020)

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng. 2014. Definisi Pendidikan Menurut UU No.20 Th 2003. https://mediaindonesia.com/read/detail/311137-pendidikan-indonesia-di-tengah-pandemi-covid-19. (diakses pada tanggal 16 November 2020




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v10i2.1761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/