EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran efektivitas pembelajaran daring terhadap minat belajar matematika menggunakan media online selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang focus pada evaluasi pembelajaran menggunakan media online. Populasi penelitian yakni seluruh peserta didik SMAN 7 Wajo yang diajar pada mata pelajaran matematika menggunakan metode daring. Sampel penelitian ini yakni peserta didik kelas XI IPA Khusus SMAN 7 Wajo yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan mempertimbangkan homogenitas populasi. Instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner pembelajaran daring. Analisis data menggunakan statistic deskriptif. Hasil penelitian menggambarkan peserta didik menilai pembelajaran matematika menggunakan media online sangat tidak efektif karena pencapaian tujuan yang sangat jauh dari kata maksimal dan tidak adanya peningkatan minat belajar bagi siswa dengan pembelajaran yang di lakukan secara daring. Akhirnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring matematika selama pandemi covid-19..
Kata kunci: : Efektifitas, minat belajar, media daring
Full Text:
PDFReferences
Ria Yunita, Umi Hanifah, (2020) , Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa COVID 19, Jurnal ilmu pendidikan 2(3), 232-243, Scholar.google.co.id.
Erlando Doni Sirait, (2016), Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, Jurnal ilmiah pendidikan MIPA 6(1), Scholar.google.co.id.
Siti Nurhasanah, Ahmad Sobandi,(2016), Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa, Jurnal Pendidikan manajemen perkantoran 1(1), 128-135. Scholar.google.co.id.
Indah Agustina (2020), Efektivitas pembelajaran matematika secara daring era pandemi Covid-19 terhadap kemampuan berpikir kreatif. www.researchgate.net
Hikmat, Hermawan, E,.Aldim, & Irwandi (2020). Efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19. Sebuah survey online. Journal.unnes.ac.id..
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v10i2.1762
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/