PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 3 JOMBANG

Dewi Amanah, Ama Noor Fikrati

Abstract


Model pembelajaran yang akan disampaikan oleh guru mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Dalam proses memperoleh hasil belajar yang baik diperlukan model pembelajaran yang tepat. Guru perlu memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk berpikir secara bebas, kreatif dan belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas X SMK Negeri 3 Jombang sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran problem posing tahun pelajaran 2019/2020 pada materi barisan dan deret aritmatika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian “One-Group Pretest-Posttest Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 3 Jombang dengan sampel penelitiannya yaitu kelas X TKJ 2 tahun pelajaran 2019/2020 semester genap yang berjumlah 30 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar matematika yang berbentuk uraian. Kesahihan instrumen penelitian ini diperoleh melalui uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan program SPSS 20.0. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah terkumpul dan sudah dianalisis, diperoleh nilai sig.(2-tailed) pada Paired Samples T Test sebesar 0,000 yang artinya nilai sig.(2-tailed) < α yaitu 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta  didik kelas X SMK Negeri 3 Jombang sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran problem posing tahun pelajaran 2019/2020 pada materi barisan dan deret aritmatika.

Kata kunci: : Pengaruh, Problem Posing, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2009). Manajemen Pendidikan. Jakarta, Indonesia: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, Indonesia: PT. Rineka Cipta.

Lilik, P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 2 Kampak Trenggalek Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014, (Online), (http://repo.iain-tulungagung.ac.id/57/1/SKRIPSI%20LILIK%20PUSPITASARI.pdf, diakses 5 Oktober 2019.

Pribadi, A.B. (2011). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta, Indonesia : PT. Dian Rakyat.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung, Indonesia: Alfabeta

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta, Indonesia: Prestasi Pustaka




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v10i2.1763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/