PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SMPN 4 JOMBANG
Abstract
Pembelajaran matematika di sekolah cenderung monoton dan kurang adanya inovasi pembelajaran dari guru yang menjadikan peserta didik jenuh. Dalam hal ini peneliti ingin memberikan suatu media video pembelajaran agar suasana belajar tidak monoton. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar matematika peserta didik di SMPN 4 Jombang.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan desain penelitiannya the nonequivalent posttest-only control group desaign. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas VII di SMPN 4 Jombang tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari delapan kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Dari delapan kelas diambil dua kelas yang dijadikan sampel penelitian yaitu kelas VII C berjumlah 29 peserta didik sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran online menggunakan aplikasi whatsapp grub (WAG) dan diberi perlakuan berupa pemberian media video pembelajaran dan kelas VII D berjumlah 31 peserta didik sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran online menggunakan aplikasi whatsapp grub (WAG) dan tidak diberi perlakuan berupa pemberian media video pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar. Data yang diperoleh dari nilai post–test akan dianalisis untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan uji perbedaan rata–rata dua sampel bebas (independent sample t-test). Berdasarkan hasil analisis menggunakan aplikasi SPSS 20.0 for windows diperoleh nilai dan dengan diperoleh nilai yang berarti nilai . Selain itu berdasarkan nilai Sig(2–tailed) sebesar 0,000 maka nilai Sehingga dari pengujian hipotesis tersebut H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar matematika peserta didik di SMPN 4 Jombang.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Video Pembelajaran, Hasil Belajar Matematika
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.
Cahyadi, Ani. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar : Teori dan Prosedur. Kota Serang Baru : Laksita Indonesia.
Lestari, K.E. Yudhanegara, M.R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
Nurdyansyah. Fahyuni, E.F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learnin Center
Wulandari, Sri. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran pada Materi Himpunan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP NU Palembang. Jurnal tidak diterbitkan. Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v10i2.1764
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/