PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 6 DASRI TEGALSARI BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2017- 2018
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa dalam materi operasi bilangan pecahan tidak sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Quantum Learning pada dalam upaya meningkatkan aktifitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Quantum Learning merupakan suatu model pembelajaran yang dapat membuat siswa langsung mengalami permasalahan, menemukan sendiri jawaban atas permasalahan dan beraktivitas sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapainya. Model pembelajaran Quantum Learning terfokus pada hubungan dinamis dalam lingkungan kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus meliputi empat langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Data yang terkumpul dari hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh, rata-rata nilai aktivitas siswa siklus I sebesar 10,24 dengan ketuntasan klasikal 64% dan meningkat pada siklus II menjadi 12,16 dengan ketuntasan klasikal 76%. Hasil belajar siswa yang tuntas siklus I sebanyak 14 siswa dengan ketuntasan klasikal 56% dan meningkat pada siklus II menjadi 21 siswa ketuntasan klasikal 84%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Learning pada materi pecahan dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dan penerapan model pembelajaran Quantum Learning pada materi pecahan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa
Kata kunci: : Pembelajaran Quantum Learning, Aktivitas , hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsini, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Buni Aksara Cipta.
Bobbi DePorter & Mike Hernacki. 2011. Quantum Learning. Bandung: Kaifa, Mizan Pustaka
DePorter Bobbi De Porter, Mark Reardom dan Sarah-Nouri Singer. 2010 Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa, Mizan Pustaka
Ekawarna. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada (GP press).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Cemerlang
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v11i2.1863
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/