PENINGKATAN HASIL BELAJAR LUAS BANGUN DATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEORI BRUNER KELAS III SDN 1 TEGALREJO TEGALSARI BAYUWANGI TAHUN AJARAN 2018-2019

. Isbani

Abstract


Pembelajaran matematika disekolah adalah pembelajaran yang berkesinambungan, sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang tepat untuk mengajarkan matematika khususnya luas persegi dan persegi panjang.Dalam hal ini teori belajar Bruner diharapkan dapat memberikan solusi dari permasalahan tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas 3 SD pada materi pokok luas persegi dan persegi panjang tahun pelajaran  2018/ 2019Penelitian ini berjenis eksperimen dengaan desain kuasi eksperimental dengan model One Group Pretest Posttest Design. Metode yang digunakan adalah metode tes.Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda dan esai.Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan uji-t.Hasil yang didapatkan nilai t=2,1602, dan karena t hitung lebih besar dari t tabel maka, Ho ditolak, sehingga hipotesis diterima yakni ada peningkatan hasil belajar kelas 3 SD pada materi pokok luas persegi dan persegi panjang

 

Kata kunci: : Teori belajar Bruner, luas persegi, luas persegi panjang

Full Text:

PDF

References


Fajariyah, nur. dan Triratnawati, defi. 2008. Cerdas Berhitung Matematika untuk SD/ MI kelas 3.Surakarta : CV. PUTRA NUGRAHA.

Musthoha, Amin., Buchori.,Juliatun, Erna, dan Hidayah Isti. 2008. Senang Matematika umtuk SD/MI kelas 2.Surabaya : CV. KARYA UTAMA.

Nasution, S. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar.Jakarta : PT BUMI AKSARA.

Trianto. 2007.Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta : PRESTASI PUSTAKA PUBLISHER.

Syagala, syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : CV ALFABETA.

Budiningsih, Asri.C.2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT ASDI MAHASATYA.

Winataputra, Udin. S. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran.Jakarta : Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v11i2.1864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/