PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN STUDY CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMPN 2 TEMBELANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI) berbantuan study card terhadap hasil belajar matematika siswa di SMPN 2 Tembelang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan rancangan penelitian Quasy Experimental Design dan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu pengambilan sampel mudah atau convenience sampling. Dari hasil penelitian dengan menggunakan uji-t Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI) berbantuan study card lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung. Dari hasil uji-t diperoleh nilai sig.(2-tailed) = 0.010 dan α = 0,05 sehingga sig < α maka H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika siswa antara kelas menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI) berbantuan study card dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Karena ada perbedaan, maka menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI) study card terhadap hasil belajar matematika siswa di SMPN 2 Tembelang.
Kata kunci: : Pengaruh, Kooperatif, TAI, Hasil Belajar, Study Card
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Lestari, K.E., & Yudhanegara, M.R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
Mudlofir, A., & Rusydiyah, E.F. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.Rozak, A & Hidayati, W S. (2019). Pengolahan Data dengan SPSS. Yogyakarta: Erhaka Utama
Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: Raja Grafindo Persada.Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sunyoto, D. (2013). Metode dan Instrumen Penelitian (Untuk Ekonomi dan Bisnis). Yogyakarta: CAPS
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v11i2.1866
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/