UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN PENDEKATAN ARIAS SDN PLANDI 1 JOMBANG TAHUN AJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa yang disebabkan siswa kurang aktif saat pembelajaran berlangsung serta sebagian siswa kesulitan dalam menyelesaikan masalah pada soal cerita materi FPB dan KPK. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan pendekatan ARIAS pada materi FPB dan KPK kelas IV SDN Plandi 1 Jombang. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Plandi 1 Jombang Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar setelah menerapkan pendekatan ARIAS. Hal tersebut dapat dilihat pada aktivitas guru siklus I diperoleh persentase rata-rata semua aspek 57,13% dan siklus II memperoleh persentase rata-rata semua aspek 90,47%, pada aktivitas siswa siklus I diperoleh persentase rata-rata semua aspek 56,67% dan siklus II memperoleh persentase rata-rata semua aspek 82,61%, sedangkan hasil belajar matematika siklus I persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 67,85% dengan rata-rata mencapai 70,17 dan siklus II persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 92,85% dengan rata-rata 82,71. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan setelah menerapkan pendekatan ARIAS
Kata kunci: : Pendekatan ARIAS, Aktivitas, Hasil BelajarFull Text:
PDFReferences
Amri, S. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya
Arikunto, S. 2003. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
http://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel/artikelE91D7FB9C21685AA36E47BE 744B0CC7.pdf (diakses tgl 26 november 2019 pukul 23.00)
http://www.ajarhitung.com/2016/12/contoh-soal-dan-pembahasan-tentang- kpk.html (diakses tgl 7 desember 2019 pukul 20.56)
Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Priyono. 2013. Modul Dimensi Berdaya Matematika Untuk SD/MI Semester 1.Surakarta: CV. AR RAHMAN
Rohman, A. 2008. Memahami Pendidikan & Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: CV. Aswaja Pressindo
Rahman, M dan Amri, S. 2014. Model Pembelajaran Arias Terintegratif. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya
Sadirman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Shoimin, A. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Sudjana, N. 2014. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI
Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Pratiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Sumadayo, S. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: Graha Ilmu
Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP
Sthyawati, P. 2011. Penerapan Model Pembelajaran ARIAS Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa. Jakarta
Wahyu, I. 2016. Penerapan Model Pembelajaran ARIAS Ditinjau dari Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIIB SMP Kanisius Muntilan pada Materi Kubus dan Balok. Yogjakarta
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v11i2.1868
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/