PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ATURAN SINUS DAN COSINUS UNTUK SISWA KELAS X SMK/MAK

Dianita Trinanda, . Syofni, Putri Yuanita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktifitas Siswa (LAS) berbasis model Discovery Learning pada materi aturan sinus dan cosinus siswa SMK/MAK yang valid dan praktis. Model pengembangan penelitian ini adalah model 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Uji coba terbatas dilakukan di SMK Migas Teknologi Riau. Berdasarkan analisis hasil data diperoleh bahwa silabus memiliki skor rata-rata 3,84, RPP memiliki skor rata-rata 3,70, LAS memiliki skor rata-rata 3,71, dan angket respon siswa memiliki rata-rata 3,67. Sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran matematika berbasis model Discovery Learning pada materi aturan sinus dan cosinus untuk siswa kelas X SMK/MAK telah valid dan praktis

Kata kunci: : Penelitian Pengembangan, Perangkat Pembelajaran Matematika, Discovery Learning, Model Pengembangan 4-D


Full Text:

PDF

References


Dianna Sulistyani, Yenita Roza, Maimunah. Abdurrahman, Mulyono. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta; PT. Rineka Cipta.

Anas Sudijono. 2011. Pengantar Statistika Penelitian. Jakarta: Rajawali Press

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia. Bogor.

Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung. Alphabet

Musfiqon, H, & Nurdyansyah, d. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Nizamia Learning Center. Sidoarjo.

Muslimin, Ibrahim. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Masalah Berbasis Edutainment Untuk Melatihkan Kreativitas Siswa SMK Jurusan Otomotif Pada Materi Fluida Statis. Vol.7 no.1. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains.

Oemar, Hamalik. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sa’dun Akbar. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Suharsimi Arikunto. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Suharsimi Arikunto. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. bandung: Alfabet

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. alfabeta: Bandung

Toto Ruhimat dkk, 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers

Tri Wijayanti. 2011. Pengertian Matematika. Jakarta. PT Gramedia

Trianto, Al-Tabany. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatic, Progresif dan Kontekstual. Surabaya: Prenadamedia Group




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v11i1.1875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/