PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ATURAN SINUS DAN COSINUS UNTUK SISWA KELAS X SMK/MAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktifitas Siswa (LAS) berbasis model Discovery Learning pada materi aturan sinus dan cosinus siswa SMK/MAK yang valid dan praktis. Model pengembangan penelitian ini adalah model 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Uji coba terbatas dilakukan di SMK Migas Teknologi Riau. Berdasarkan analisis hasil data diperoleh bahwa silabus memiliki skor rata-rata 3,84, RPP memiliki skor rata-rata 3,70, LAS memiliki skor rata-rata 3,71, dan angket respon siswa memiliki rata-rata 3,67. Sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran matematika berbasis model Discovery Learning pada materi aturan sinus dan cosinus untuk siswa kelas X SMK/MAK telah valid dan praktis
Kata kunci: : Penelitian Pengembangan, Perangkat Pembelajaran Matematika, Discovery Learning, Model Pengembangan 4-D
Full Text:
PDFReferences
Dianna Sulistyani, Yenita Roza, Maimunah. Abdurrahman, Mulyono. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta; PT. Rineka Cipta.
Anas Sudijono. 2011. Pengantar Statistika Penelitian. Jakarta: Rajawali Press
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia. Bogor.
Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung. Alphabet
Musfiqon, H, & Nurdyansyah, d. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Nizamia Learning Center. Sidoarjo.
Muslimin, Ibrahim. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Masalah Berbasis Edutainment Untuk Melatihkan Kreativitas Siswa SMK Jurusan Otomotif Pada Materi Fluida Statis. Vol.7 no.1. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains.
Oemar, Hamalik. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sa’dun Akbar. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suharsimi Arikunto. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.
Suharsimi Arikunto. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. bandung: Alfabet
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. alfabeta: Bandung
Toto Ruhimat dkk, 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers
Tri Wijayanti. 2011. Pengertian Matematika. Jakarta. PT Gramedia
Trianto, Al-Tabany. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatic, Progresif dan Kontekstual. Surabaya: Prenadamedia Group
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v11i1.1875
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/