PENGARUH LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 7E di SMA IT Misykat Al Anwar selama pembelajaran online di masa pandemic Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan model one group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari 34 siswa pada kelas XII IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan secara online di SMA IT Misykat Al Anwar, terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E. Nilai uji t hitung adalah sebesar 6, 854 nilai ini lebih besar dari t tabel yaitu 1,699. Sehingga data tersebut mengakibatkan penolakan pada tetapi dengan penerimaan . Maka dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh model Learning Cycle 7E terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPA SMA IT Misykat Al Anwar pada materi dimensi tiga. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan selama pembelajaran daring menggunakan aplikasi Google Classroom, pada tahap Elicit (mendatangkan pengetahuan awal siswa) sebanyak 20% siswa yang mendatangkan pengetahuan yang dimiliki. Pada tahap Engage (ide, rencana pembelajaran dan pengalaman) sebanyak 5% siswa yang menyampaikan ide atau pendapat ketika guru memberikan pertanyaan. Artinya, siswa perlu diberikan stimulus untuk mengungkapkan ide terutama dalam mengeksplorasi materi. Oleh karena itu, selama pembelajaran online sebaiknya guru mengimplementasikan model pembelajaran yang terpusat dengan siswa dan terintegrasi dengan teknologi
Kata kunci: : Learning Cycle 7E, hasil belajar, matematika
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Kedua). Jakarta: Bumi Aksara.
Darihastining, S., Utomo, E. S., & Chalimah. (2021). The effectiveness of communication and online language disruption during the era of pandemic covid-19 in senior high school students in implementation of learning cycle 7e. Journal of Physics: Conference Series, 1722, 012024. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1722/1/012024
Djamarah, Bahri, Syaiful dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Eisenkraft, A. (2003). Expanding the 5 E Model A purposed 7 E model emphasizes “transfer of learning” and the importance of eliciting prior understanding. Published by the National Science Teachers Association, 1840 Wilson Blvd., Arlington, VA 22201-3000.
Nurmalasari, Resky, Kade, Amiruddin, & Kamaluddin.2014. Pengaruh Model Learning Cycle Tipe 7E Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas VII Smp Negeri 19 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako. Vol. 1. No. 2: 1-6.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suciati, Arnyana, dan Setiawan. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar Hipotetik-Deduktif dengan Setting 7E Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa SMP”. Dalam Jurnal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA Volume 4 Tahun 2014. Singaraja: UNDIKSHA.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Utomo, E.S., Rahman, F. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Hasil Belajar Siswa. Diambil kembali http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/PM-7.pdf
Utomo, E. S., Rahman, F., & Fikrati, A. N,. (2020). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Eksplorasi Penalaran Logis Calon Guru Matematika Melalui Pengintegrasian Pendekatan STEM dalam Menyelesaikan Soal. 9(1). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v11i1.1878
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/