PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK MATEMATIKA TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA MTsN 5 JOMBANG
Abstract
Media Komik Matematika adalah suatu buku yang berisi gambar mengenai penjelasan tentang materi matematika yang dikemas dalam alur cerita sehingga memberikan ketertarikan minat untuk dibaca . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media komik matematika terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa MTsN 5 Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang dilaksanakan di MTsN 5 Jombang. Pengambilan yansampel menggunakan teknik simple random sampling. Didapatkan 50 siswa dengan 25 siswa sebagai kelas kontrol dan 25 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes dan lembar angket. Lembar tes terdiri dari 5 butir soal dan lembar angket terdiri dari 20 butir pernyataan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh signifikan media komik matematika terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai sig < α yaitu 0.000 < 0,05. (2) Ada pengaruh media komik matematika terhadap minat belajar siswa yang ditunjukkan dengan persentase rata-rata skor minat belajar ialah 85,48% dimana minat belajar siswa tergolong dalam kriteria sangat tinggi
Kata kunci: : Media Komik Matematika, Minat Belajar, Hasil Belajar, Aritmatika Sosial
Full Text:
PDFReferences
Anita, A. (2014). Pengaruh Media Komik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Konsep Faktor dan Kelipatan.Tesis tidak diterbitkan. Jakarta, Indonesia: Universitas Islam Negeri Syarif Hiyatullah.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Munadi, Y. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta : Gaung persada
Nurmalasari, F. (2017). Pengembangan Komik sebagai Media Pembelejaran Aritmetika Sosial Berbasis Pemecahan Masalah untuk Siswa SMP Kelas VII.Tesis tidak diterbitkan. Malang, Indonesia: Universitas Negeri Malang.
Rozak, A., & Hidayati, W. S. (2019). Pengolahan Data dengan SPSS. Yogyakarta: Erhaka Utama.
Winkel, W. (2014). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasido.
DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v11i1.1879
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/