PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 2 DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTY REPRECENTACY DI SMAN 11 SIDRAP

M. Yunus

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research) yang meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksaan, tahap observasi, dan tahap refleksi yang dilaksanakan di SMAN 11 Sidrap bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik melalui penerapan model pembelajaran diskursus multy reprecentacy. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 11 Sidrap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 20 orang peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing berlangsung 4 kali pertemuan dan setiap siklus dilaksanakan tes akhir siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa hasil belajar lingkaran peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 11 Sidrap mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II melalui penerapan model pembelajaran diskursus multy reprecentacy. Ini dapat dilihat dari (a) hasil belajar pada siklus I jumlah peserta didik yang tuntas hanya 9 orang dengan skor rata-rata 74,50 dan pada siklus II meningkat jumlah peserta didik yang tuntas belajar yaitu 17 orang dengan skor rata-rata 82,00 (b) meningkatnya presentase ketuntaan belajar operasi aljabar peserta didik yaitu 45,0% pada siklus I meningkat menjadi 85,0% pada siklus II. (c) meningkatnya rata-rata aktivitas belajar peserta didik dari siklus I sampai siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar lingkaran peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 11 Sidrap dengan penerapan model pembelajaran diskursus multy reprecentacy.

Kata kunci: Hasil Belajar Lingkaran, Model Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy


Full Text:

PDF

References


Abdul Rahman. 2006. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Metode Penemuan pada Siswa Kelas X.5 SMA Negeri 4 Parepare. Skripsi: UMPAR.

Agus Suprijono. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badolo, Mas’ud. 2012. Pedoman dan Teknik Penulisan Skripsi. Parepare.

Buhaerah. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Masalah pada Pokok Bahasan Statistika di Kelas IX SMP. Tesis. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Eko Purwanto. 2010. Apakah Hakekat Matematika. Tersedia pada (www.scribd.com/doc/16863511/Bab-II-Editan/). Diakses pada tanggal 20 April 2013.

Fajri, EM Zul & Senja, Ratu Aprilia. 2007. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Edisi Revisi. Jakarta: DIFA PUBLISHER.

Hadirah, dkk. 2006. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Mandai. Laporan Penelitian. Maros: Dinas Pendidikan Maros

Haling, Abdul. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar




DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v12i1.1945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/